Hotel BUMN Berkonsolidasi di HIG

JAKARTA Pemerintah membentuk konsolidasi dari seluruh hotel yang dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Hotel Indonesia Group (HIG). Sebagai tahap pertama, dilakukan sinergi antar hotel yang dimiliki ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 1169

    view

  • Hotel BUMN Berkonsolidasi di HIG

    JAKARTA – Pemerintah membentuk konsolidasi dari seluruh hotel yang dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Hotel Indonesia Group (HIG). Sebagai tahap pertama, dilakukan sinergi antar hotel yang dimiliki oleh PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Patrajasa (anak usaha PT Pertamina), dan PT Aero Wisata (anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk).

    Direktur Utama Hotel Indonesia Natour Iswandi Said mengatakan sinergi yang dibangun ini memiliki tujuan menjadikan Hotel Indonesia Group sebagai hotel chain terbesar di Indonesia sehingga hotel-hotel tersebut menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Konsolidasi hotel ini akan mendorong kerja sama dalam bidang pemasaran dan efisiensi pengadaan fasilitas masing-masing hotel.

    “Hal ini bertujuan memudahkan dan memberi pelayanan terbaik kepada para wisatawan asing maupun lokal, dengan mengedepankan keramahtamahan Indonesia yang bertaraf internasional,” kata Iswandi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/9).

    Iswandi mengatakan, hingga saat ini hotel yang tergabung dalam HIG sudah menggaet sebanyak 11% pasar dari keseluruhan hotel yang tersedia di Indonesia. Harapannya, dengan diperluasnya jaringan melalui HIG, maka market share bisa naik menjadi 15% pada tahun depan.

    “Selain itu, saat ini okupansi rata-rata hotel kami di atas 65%. Kami harap dengan adanya konsolidasi perhotelan BUMN di bawah HIG ini, keterisian hotel bisa lebih baik lagi dan mencapai 70%,” katanya.

    Sementara, Iswandi mengatakan, hingga saat ini, HIG beranggotakan 26 hotel yang terdiri dari 7 hotel milik Aerowisata, 12 hotel milik Hotel Indonesia Natour, dan 7 hotel milik Patra Jasa yang tersebar di beberapa lokasi strategis. Adapun, seluruh hotel tersebut memiliki variasi kelas mulai dari bintang 2 hingga bintang 5.

    Selanjutnya, menurut Iswandi, pada peresmian HIG yang rencananya digelar pada 28 September 2016, akan ditandatangani kesepakatan bergabungnya 9 hotel milik Pegadaian (Pesona Hotel), dan 1 hotel milik Taman Wisata Candi yang berlokasi di Kawasan Candi Borobudur.

    “Diharapkan selanjutnya hotel milik BUMN lainnya akan bergabung dengan HIG,” katanya.

    Lebih lanjut, Iswandi mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 97 hotel bisa bergabung di bawah HIG untuk memperluas jaringan perhotelan milik BUMN. Dengan adanya jaringan perhotelan di bawah HIG, kata Iswandi pelanggan mendapatkan variasi hotel yang sesuai dengan kebutuhannya.

    “Karena kami merupakan perusahaan BUMN, maka kami menawarkan layanan hotel yang mengedepankan kearifan lokal khas Indonesia, namun bisa diterima secara global. Hal ini yang akan menjadi kelebihan kami,” katanya.



    Laila Ramdhini/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci