Harga di Jakarta Sudah Miliaran, Rumah Pinggiran Jadi Pilihan

Big Banner

Jakarta -Kalangan kelas menengah bawah Jakarta tak ada pilihan lain harus membeli hunian di pinggir Jakarta seperti Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Harga hunian di Jakarta sudah tak mungkin terjangkau bagi segmen ini. Namun bagi kalangan menengah atas, justru tetap membidik wilayah Jakarta meski ada risiko banjir.

Berikut pengakuan para pencari rumah di acara Properti Expo 2015 yang mulai digelar sejak 14 Februari hingga 22 Februari 2015. Pameran gratis ini terbuka untuk umum, hingga diserbu warga Jakarta dan sekitarnya.

Seorang pengunjung pameran bernama Ferry (26), warga Cengkareng, Jakarta Barat ini mencari rumah yang harganya terjangkau. Ia mencari rumah dengan harga di bawah Rp 150 juta, maka kesempatannya hanyalah di kawasan pinggiran.

“Cari rumah buat tempat tinggal, cari di Tangerang. Itu lumayan terdekat dengan lokasi kerja, lokasi kerja di Cengkareng. Nyari di bawah Rp 150 juta. Sudah ketemu. Tinggal survei, lihat lokasi,” ujar Ferry kepada detikFinance, di Pameran Properti, Pesta KPR, di Jakarta Convention Center Senayan, Minggu (15/2/2015).

Ferry menyebutkan, rumah tersebut berlokasi di Parung Panjang, Bogor dengan luas 27/72 dilengkapi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

“Itu rumah subsidi pemerintah. Ini saya buat rumah pertama. Jakarta ke Bogor dekat ke Tangerang juga, akses kereta bisa karena kalau Jakarta harga sudah nggak logika,” ucap dia.

Warga Jakarta lainnya bernama Seto (31), asal Kalibata, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini mau tidak mau harus mencari rumah di pinggiran Jakarta. Harga rumah Jakarta yang sudah miliaran rupiah tak mungkin lagi dijangkau.Next

finance.detik.com