Kenapa di Kota Ini Orang Panik Beli Rumah?

Ilustrasi: Rumah123/PUPRKawasan hunian di Kota Hangzhou, China, berhasil mencetak rekor penjualan rumah. Pada Minggu (18/9) terjual 5.105 unit rumah hanya dalam satu hari. Hal ini menjadikan Hangzhou ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 1351

    view

  • Kenapa di Kota Ini Orang Panik Beli Rumah?

    Ilustrasi: Rumah123/PUPR

    Kawasan hunian di Kota Hangzhou, China, berhasil mencetak rekor penjualan rumah. Pada Minggu (18/9) terjual 5.105 unit rumah hanya dalam satu hari. Hal ini menjadikan Hangzhou sebagai kota dengan transaksi penjualan rumah terbanyak di  dunia.

    Apa gerangan penyebab orang heboh membeli rumah di kota itu? Rupanya setelah menjadi tuan rumah gelaran pertemuan G-20, sektor properti di Hangzhou mendapat berkahnya.

    China Daily seperti dikutip dari Kompas.com melaporkan, pada pukul 17.00 waktu setempat, pada hari yang sama, pemerintah mengumumkan pelarangan bagi non-penduduk asli atau mereka yang tanpa "hukou", sertifikat registrasi rumah tangga untuk membeli rumah kedua di pusat kota.

    Pelarangan tersebut mulai berlaku sehari setelah pengumuman pemerintah, yakni pada Senin, 19 September 2016.

    Pembeli non-penduduk asli mendominasi sekitar 39 persen dari penjualan rumah selama pekan pertemuan G-20 itu. Meski dianggap sebagai sebuah kontroversi diplomatik, pertemuan ini disebut-sebut sebagai pemicu utama penjualan rumah.

    Baca juga: Pemerintah China Siapkan Rumah untuk 3,4 Miliar Masyarakat Urban

    Pasca-pertemuan G-20 tersebut, banyak calon pembeli yang berada di sekitar kantor pemasaran pengembang, bahkan hingga Minggu tengah malam. Quartz melaporkan banyak broker yang keluar malam untuk transaksi personal di Shanghai.

    Menurut E-House China R&D Institute, Hangzhou yang merupakan tempat bermukimnya pusat teknologi markas besar Alibaba, mencatat rekor penjualan rumah baru sejumlah 154.000 pada delapan bulan pertama 2016.

    Biro Statistik Nasional juga mengungkapkan rata-rata harga rumah baru di Hangzhou naik 22 persen pada Agutus 2016 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

    Situasi pembelian panik ini hampir terjadi di Shanghai yang disebabkan oleh rumor adanya pembatasan kredit rumah baru pada Agustus silam. Wah, ini mungkin biang kerok kepanikannya ya.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci