Sektor Properti Jadi Incaran Dana Repatriasi

Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mengatakan, sektor infrastruktur dan properti akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi. Diperkirakan, banyaknya pembelian ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 811

    view

  • Sektor Properti Jadi Incaran Dana Repatriasi

    Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mengatakan, sektor infrastruktur dan properti akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi. Diperkirakan, banyaknya pembelian properti akan membuat peningkatan harga properti semakin meningkat di tengah maraknya kewajiban tax amnesty.

    "Tax amnesty sampai triwulan III/2016 diperkirakan belum terlalu terasa pada sektor properti karena semua masih menyibukan diri untuk ikut program ini. Diperkirakan, mulai awal tahun 2017, pasar properti menengah atas justru akan kebanjiran. Bukan tanpa alasan, sampai 20 September 2016 deklarasi aset telah menembus angka psikologis Rp 1.011 triliun dengan dana repatriasi sekitar Rp 55 triliun sampai Rp 58 triliun dan akan terus bertambah," kata Ali, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (23/9).

    President Director Synthesis Development, Budi Yanto Lusli, mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan prospek market properti yang besar. Dengan pengampunan pajak, lanjutnya, banyak transaksi properti dari dana-dana yang selama ini tidak digunakan atau menganggur.

    "Dana properti tersebut, masuk melalui bank ataupun pembelian langsung properti. Dana pembelian langsung memberikan penambahan kapitalisasi pasar properti dengan nilai yang besar. Dana masuk setidaknya akan mengendap sekitar 3 tahun dan properti akan menjadi pilihan utama sebagai investasi jangka panjang yang selalu bertumbuh," kata Budi.

    Sektor properti, lanjut dia, merupakan mesin perekonomian yang wajib menjadi perhatian pemerintah. "Sepaham dengan Indonesia Property Watch, Synthesis Development berpendapat kehadiran tax amnesty harus diikuti dengan insentif bagi para investor untuk berinvestasi di sektor ini," tambah Budi.

    Feriawan Hidayat/FER

    BeritaSatu.com

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci