Struktur "U-Shape Girder" Percepat Progres Pembangunan LRT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan light rail transit (LRT) terus dilakukan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI).Sejak groundbreaking pada September 2015 hingga saat ini, progres pembangunannya mulai terlihat ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 781

    view

  • Struktur "U-Shape Girder" Percepat Progres Pembangunan LRT

    JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan light rail transit (LRT) terus dilakukan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI).

    Sejak groundbreaking pada September 2015 hingga saat ini, progres pembangunannya mulai terlihat di beberapa titik seperti di pinggir Jalan Tol Jagorawi yang menjadi lintas pelayanan Cibubur-Cawang.

    "Untuk proyek LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) hingga saat ini progresnya sudah 10 persen," kata Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) Ki Syahgolang Permata, kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2016).

    Progres 10 persen ini, sambung Ki Syahgolang mencakup trase Cibubur-Cawang sepanjang 14,3 kilometer dan Cawang-Bekasi Timur sepanjang 18,3 kilometer.

    Perkembangan pembangunan LRT ini tak terlepas dari struktur U-Shape Girder yang digunakan oleh ADHI.

    Struktur ini diklaim ADHI dalam situs resminya pertama kali lahir di Indonesia melalui pabrik precast ADHI di Sentul.

    Adapun keunggulan menggunakan U-Shape Girder antara lain memiliki estetika yang lebih akrab dengan arsitektur perkotaan DKI Jakarta, mampu mengurangi polusi suara saat pengoperasian LRT, dan mempercepat pelaksanaan pekerjaan pembangunan akibat full span antar-bentang yang diberikan struktur tersebut.

    Seperti diketahui pembangunan LRT Jabodebek ini dibagi menjadi dua tahap dengan masing-masing tahapan terdiri dari tiga lintas pelayanan.

    Tahap satu meliputi lintas pelayanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas (10,5 kilometer) dengan 21 stasiun dan panjang 42,1 kilometer.

    "Untuk lintas pelayanan Cawang-Dukuh Atas masih dalam tahap persiapan dan koordinasi dengan pihak pemerintah Provinsi DKI Jakarta," imbuh Ki Syahgolang.

    Sedangkan tahap dua lintas pelayanan Cibubur-Bogor (25 kilometer), Dukuh Atas-Palmerah-Senayan (7,8 kilometer), dan Palmerah-Grogol (5,7 kilometer) sehingga menghasilkan total panjang 41,5 kilometer.

    Rencananya, akan ada 10 stasiun pada tahap dua.

    Jalur LRT Cibubur-Cawang dijadwalkan beroperasi pada akhir 2017, sedangkan Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh atas bisa beroperasi pada 2018.

    Berikut ini video drone yang Kompas.com dapatkan dari ADHI pada Rabu (21/9/2016) silam.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci