Siap-siap, Bakal Ada 3 Mal Baru di Jakarta Tahun Ini

Big Banner

Jakarta -Bakal ada 3 mal atau pusat perbelanjaan baru yang beroperasi tahun ini di Jakarta, antara lain Lippo Mall Puri (Kembangan, Jakarta Barat), One Bel Park (Fatmawati, Jakarta Selatan), dan perluasan Central Park (Tomang, Jakarta Barat).

“Ada 3 yang telah mendapatkan izin sebelum adanya moratorium (penghentian sementara izin) dan akan selesai tahun ini,” kata Managing Director Cushman and Wakefield Indonesia David Cheadle di acara Property Outlook 2015 di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Selesainya pembangunan 3 mal ini relatif terbatas, karena masih terkena dampak dari moratorium atau penghentian izin sementara pembangunan mal oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta sejak 2012.

Berdasarkan laporan Cushman and Wakefield, pasokan ruang ritel baru di 2015 mencapai 217.000 meter persegi. Head of Research and Advisory Cushman and Wakefield Arief Rahardjo mengatakan, banyak pengembang yang baru berniat untuk membangun mal di ibu kota harus menunggu hingga moratorium tersebut dicabut pemerintah DKI Jakarta. Realisasi pembangunan mal terjadi karena para pengembang sudah mengantongi izin lama, sebelum adanya moratorium.

“Karena moratorium itu, waiting list-nya cukup banyak. Kalau yang mau masuk itu arahnya ke Jakarta atau Bekasi,” kata Arief.

Dampak moratorium, para pengembang dan perusahaan ritel akhirnya memilih untuk membangun di kawasan pinggiran Jakarta?. Lain halnya dengan toko-toko ritel yang berdiri sendiri atau bukan merupakan tenant di mal.

?”Beberapa kita lihat ekspansi ritel akibatnya mereka mencari di pinggiran Jakarta, baik Tangerang atau Bekasi retail storenya itu membaik. Kecuali kalau mereka stand alone,” ?jelasnya.

(zul/hen)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me