Selain di Jakarta, Apartemen Tepi Laut Juga Ditawarkan di Bali dan Manado

Big Banner

Jakarta -Selain menawarkan proyek apartemen, vila, atau kondotel yang menghadap perkotaan, hunian dengan pemandangan langsung ke laut lepas pun ditawarkan para pengembang properti.

Seperti yang ada di Properti Expo (14-22 Februari 2015) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (18/2/2015). Meski jumlahnya tak sebanyak apartemen di tengah kota, apartemen di tepi laut pun dipasarkan di pameran properti ini. Lokasinya pun bukan di Jakarta, namun di luar Pulau Jawa.

Salah satu pengembang yang memiliki beberapa proyek hunian tepi laut adalah PT Wika Realty, anak usaha dari BUMN PT Wijaya Karya ini punya 3 proyek hunian apartemen di tepi laut, lokasinya di Bali dan Manado, Sulawesi Utara.

“Kita ada Taman Sari Lagoon (apartemen di Manado), Taman Sari Gangga dan Taman Sari Jivva (kondotel dan Vila Bali), semuanya di pinggir pantai,” ujar seorang marketing PT Wika Realty kepada detikFinance di sela-sela acara pameran, Rabu (18/2/2015).

Akibat lokasi terbatas, kebanyakan proyek-proyek hunian pinggir pantai hanya dibangun di tempat-tempat tertentu saja, yaitu seperti di Pulau Bali yang memang dikelilingi laut yang luas, juga Manado yang punya Pantai Bunaken.

“Yang kita jual itu pemandangan lautnya. Beda dengan yang pemandangan gunung (mountain view) atau kota (city view)?,” katanya.

Proyek Wika di Bali, umumnya berbentuk kondominium/apartemen hotel (kondotel) dan vila, karena sesuai dengan adat dan kebudayaan masyarakat di Bali, sebuah bangunan tak boleh dibangun lebih tinggi dari Pura. Sehingga pembangunan proyek tinggi kondotel berkisar 3-4 tingkat.

Selain Wika Realty, ada juga pengembang proyek Benoa Bay Sand di Nusa Dua, Bali yang menawarkan resort dan vila di pinggir pantai di kawasan Tanjung Benoa, Bali. Hunian ini menawarkan pemandangan laut dan hutan bakau di Teluk Benoa, Bali.

(zul/hen)

finance.detik.com