Investor Asing Bisa Ikut Meningkatkan Pasar Properti Dalam Negeri

Ilustrasi. Foto: Rumah123/IStockMenurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 122/PMK 08/2016 yang mengaturpengampunan pajak, investor asing diperbolehkan ikut berinvestasi. Kebijakan ini akan mendongkrak ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 964

    view

  • Investor Asing Bisa Ikut Meningkatkan Pasar Properti Dalam Negeri

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/IStock

    Menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 122/PMK 08/2016 yang mengatur pengampunan pajak, investor asing diperbolehkan ikut berinvestasi. Kebijakan ini akan mendongkrak pasar properti.

    "Kalau ada PMK 122 ini harusnya kebijakan bagi investor asing bisa lebih dari 30 persen. Ekspatriat Indonesia bisa membeli tanah dan bangunan. Pembelian langsung bisa menjadi primadona," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, dalam media gathering yang berlangsung di Synthesis Square, Jakarta, Kamis (22/9).

    Sedangkan President Director Synthesis Development, Budi Yanto Lusli, memaparkan, Indonesia merupakan prospek market yang besar. Dengan adanya pengampunan pajak, maka banyak transaksi properti yang sumber dananya dari dana-dana yang selama ini "tidur".

    baca juga: Dana Repatriasi Bisa Dongkrak Pasar Properti Minimal 50 Persen

    "Dana properti tersebut bisa melalui bank ataupun pembelian langsung. Dana pembelian langsung memberikan penambahan kapitalisasi pasar properti dengan nilai besar. Dana masuk setidaknya akan mengendap sekitar tiga tahun. Dan properti menjadi pilihan utama sebagai investasi jangka panjang yang bertumbuh," katanya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Managing Director Synthesis Square, Julius Warouw. Modal luar negeri akan memperkuat pembiayaan pada pembangunan infrastruktur dan properti. Baik di bursa saham maupun sektor riil.

    "Adanya modal yang kuat dari luar, maka investor secara jangka panjang memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. Artinya, tax amnesty harus menjadi momen kebangkitan perekonomian dengan kebijakan terpadu semua lini. Dengan penyerapan dana optimal," tuturnya. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci