Tak Semua Kantor Cabang BTN Layani KPR Subsidi

Big Banner

Jakarta -Bank BTN merupakan penyedia mayoritas layanan kredit rumah subsidi atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Namun, tak semua kantor cabang bank BTN melayani pengajuan kredit ini khususnya di kota besar seperti Jakarta, layanan FLPP hanya di pinggiran Jakarta.

Berdasarkan penelusuran detikFinance di Kantor Cabang Pembantu (KCP) BTN Kuningan, Jakarta, mereka hanya melayani kredit pembiayaan perumahan untuk rumah komersil atau non subsidi, untuk jenis tapak dan apartemen.

“Di sini kami tak ada program FLPP, hanya rumah non subsidi,” kata seorang analis kredit yang enggan disebutkan namanya kepada detikFinance, Selasa (3/3/2015).

Menurutnya, BTN Cabang Kuningan hanya melayani pembiayaan kredit rumah di luar program pemerintah, dengan besaran bunga kredit mengikuti harga pasar yang naik turun, bukan bunga FLPP yang tetap selama masa tenor kredit sebesar 7,25%.

“Bunganya kita ikut pasar. Jadi hanya layani non subsidi,” katanya.

Sementara itu, salah satu analis kredit di Bank BTN Cabang Harapan Indah Bekasi mengatakan, pihaknya melayani kredit FLPP karena memang banyak proyek rumah subsidi di kawasan tersebut karena berada di pinggiran Jakarta. Ia pun membenarkan tak semua Bank BTN melayani pengajuan KPR subsidi FLPP.

“Betul, seperti di BTN Harmoni, Kuningan, Kebon Jeruk itu tak ada program FLPP, kalau di kami ada,” katanya.

Ia mengatakan umumnya bank yang melayani kredit FLPP adalah bank cabang yang dekat dengan proyek rumah subsidi tersebut dibangun, seperti pinggiran Jakarta seperti Bekasi, Jawa Barat.

“Kalau di kota Jakarta kan sudah tidak ada FLPP, di situ paling untuk rumah komersil atau apartemen,” tutupnya.

(zul/hen)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me