Mau Dapat KPR Subsidi dan Bantuan DP Rp 4 Juta? Ini Caranya

Big Banner

Jakarta -Program KPR subsidi melalui subsidi bunga atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan modifikasi baru kini mulai digulirkan pemerintah. Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ingin mendapatkan fasilitas ini bisa melakukan langkah awal agar dapat KPR subsidi.

Corporate Secretary Bank BTN Eko Waluyo mengatakan ada tahapan yang bisa dilakukan calon pembeli rumah subsidi. Ia menyarankan para calon nasabah bisa datang ke kantor cabang penyalur FLPP, termasuk Bank BTN. Saat ke bank, calon nasabah KPR juga bisa menanyakan informasi soal lokasi rumah yang terkait FLPP dan menghitung kemampuan nasabah mencicil kredit, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Pemerintah tahun ini menggandeng 24 bank umum/syariah hingga bank pembangunan daerah BPD untuk menyalurkan FLPP.

“Idealnya mereka tanya ke bank (lokasi rumah), hitung kapasitas kredit dan kemudian cari rumahnya,” kata Eko kepada detikFinance, Selasa (3/3/2015)

Selain itu, calon nasabah KPR juga bisa langsung mencari lokasi rumah yang mereka inginkan, asalkan pengembangnya masuk dalam program FLPP. Cara ini memang punya kelebihan, karena nasabah bisa langsung tahu kondisi kawasan atau hunian yang mereka akan beli. Namun kekurangannya, nasabah tak langsung mudah menemukan lokasi perumahan subsidi, karena tak semua pengembang menyediakan fasilitas ini.

“Sekarang banyak yang langsung datang ke pengembang, karena pengembang juga sudah bisa bantu menghitung angsuran KPR, dan kemudian baru ke bank untuk proses kredit,” katanya.

Calon nasabah juga bisa aktif datang ke pameran-pameran khususnya untuk pameran perumahan non real estate untuk segmen menengah ke bawah.Next

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me