Program DP KPR Subsidi Cuma 1% Hanya Berlaku di BTN

Big Banner

Jakarta -Kini ada program uang muka (DP) hanya 1% bagi penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau subsidi bunga KPR di 2015. Program yang dimulai 1 Maret 2015 ini sementara waktu hanya berlaku di Bank BTN dari 24 bank penyalur FLPP 2015.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus? mengatakan program DP ringan ini sudah mengumumkan oleh BTN. Sebelumnya uang muka FLPP masih sebesar 5%.

“DP 1% bukan ketentuan pemerintah. Itu ketentuan bank pelaksana. Sampai saat ini yang sudah melaksanakan baru BTN. Karena dia pemain besar. Hampir 90% FLPP kan yang menyalurkan BTN,” kata kepada detikFinance di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Maurin mengatakan DP rendah memungkinkan diberikan bank kepada nasabah KPR asalkan terkait dengan program pemerintah, khususnya dalam penyedian hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Jadi begini ceritanya, kan ada aturan perbankan waktu itu di BI sekarang menjadi aturan OJK yang membolehkan uang muka perumahan bisa sampai 0% dengan syarat itu adalah program pemerintah,” terangnya.

Ia mengatakan sampai saat ini hanya BTN yang memberikan kemudahan uang muka KPR hanya 1% untuk program FLPP. Ia berharap bank lain bisa mengikuti BTN agar MBR lebih banyak dan lebih mudah mendapatkan rumah.

“Waktu itu kan BTN memang yang menyalurkan DP 5%, tapi sekarang diturunkan 1%,” katanya.

FLPP berlaku untuk rumah atau rusun yang diatur harganya oleh pemerintah. Harganya dibatasi agar MBR bisa memiliki dengan dengan harga rumah. Klik di sini daftar harganya.

(dna/hen)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me