Hari Raharta Tawarkan Solusi Rumah Murah

Housing-Estate.com, Jakarta - Salah satu kendala sulitnya membangun rumah murah adalah tingginya harga lahan. Pergerakannya juga cepat sehingga menyulitkan pembebasan. Menurut Sekjen Realestat Indonesia ...

  • propertidata
  • 2016.09.26
  • 352

    view

  • Hari Raharta Tawarkan Solusi Rumah Murah

    Housing-Estate.com, Jakarta - Salah satu kendala sulitnya membangun rumah murah adalah tingginya harga lahan. Pergerakannya juga cepat sehingga menyulitkan pembebasan. Menurut Sekjen Realestat Indonesia (REI) Hari Raharta Sudradjat, hal ini terjadi karena lahan untuk program rumah murah dilepaskan pada mekanisme pasar. Sementara harga jual rumah murah dipatok oleh pemerintah. Pemerintah perlu segera membenahi masalah lahan ini, kalau tidak persoalan yang pembangunan rumah murah akan terus berkepanjangan.

    Hari Raharta Sudrajat

    “Pemerintah bisa mengakuisisi lahan sebanyak-banyaknya dan menawarkan kepada pengembang untuk menggarap melalui tender.  Bisa juga dengan mengatur tata ruang lokasi-lokasi  yang akan dipakai untuk rumah murah sehingga harga tanahnya tidak jadi permainan investor,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (26/9).

    Hari menyebutkan kalau harganya tidak dikunci oleh pemerintah jaminan untuk mendapatkan tanah dengan harga wajar sulit didapat. Pengembang awalnya bisa membebaskan tapi setelah itu pemilik tanah di sekitarnya akan   pasang harga tinggi.  Karena itu Hari mengusulkan agar lahan untuk rumah murah disediakan pemerintah.  “Sekarang kita bisa membebaskan tapi berikutnya sulit mendapatkannya. Ini akan mengganggu kelangsungan bisnis properti karena bahan baku  sektor tanah,” imbuhnya.

     

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci