Pengembangan Green Building Mendapat Perhatian Asing

Housing-Estate.com, Jakarta - Konsep pembangunan berkelanjutan atau ramah lingkungan (green development) menjadi isu penting. Bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia internasional. Kerusakan dan daya ...

  • propertidata
  • 2016.09.26
  • 388

    view

  • Pengembangan Green Building Mendapat Perhatian Asing

    Housing-Estate.com, Jakarta - Konsep pembangunan berkelanjutan atau ramah lingkungan (green development) menjadi isu penting. Bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia internasional. Kerusakan dan daya dukung lingkungan yang semakin memburuk menjadi keprihatinan bersama dan akan mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Sejumlah kalangan merespon keadaan ini dengan membangun kawasan yang lebih ramah lingkungan. Pengembangan perumahan dan gedung mengadopsi kaidah-kaidah ramah lingkungan.

    Digital Hub BSD City

    BSD City, kota baru seluas 6.000 ha di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, salah satu yang menerapkan. Sejumlah gedung perkantoran yang dibangun mengacu pada konsep green building dan smart city  dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  Misalnya Sinar Mas Land Plaza, BSD Green Office Park 6, BSD Green Office Park 9, The Breeze BSD City, dan beberapa lainnya. Pengembangan green building yang dilakukan Sinar Mas Land (SML), pengembangnya,  itu menarik perhatian delegasi Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF). Forum tersebut diikuti delegasi dari 50 negara.

    Menurut Head of Corporate Communication SML Panji Himawan, para delegasi dari berbagai negara ini tertarik untuk berbagi informasi dan pengetahuan seputar pengembang smart city di negaranya. “Kami saat ini tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dengan berbagai pengembangan infrastruktur untuk membuat kawasan BSD City menjadi smart city,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Senin (26/9).

    Untuk menerapkan konsep tersebut SML membangun gedung low rise dengan  KDB (koefisien dasar bangunan) rendah  25-30 persen. Setiap proyek dilengkapi  instalasi pengelolaan air dan sampah sesuai standar green district.

    Di kawasan Green Office Park 9 misalnya, ada beberapa fitur green yang diterapkan seperti microclimate optimization, green transport and integrated parking, sustainable management practice, dan sebagainya. Konsep dan fitur green ini diterapkan mencakup 9 gedung perkantoran dan sebuah mal khusus food & beverage (F&B Mall).

    “Kami juga tengah menyiapkan proyek lebih dari 25 ha untuk Digital Hub yang akan menjadi semacam Silicon Valley. Kawasan ini ditujukan untuk komunitas digital baik industri maupun institusi pendidikan. Kami juga tengah mengembangkan aplikasi untuk memudahkan para penghuni menjalani kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci