Okupansi Ruang Ritel Turun Tipis

JAKARTA - Tingkat hunian (okupansi) ruang ritel di kuartal II-2016 mencapai 92,33% atau sedikit menurun sebesar 0,27% dari kuartal sebelumnya dan berkurang sebesar 1,38% dari kuartal yang sama tahun lalu ...

  • propertidata
  • 2016.09.27
  • 441

    view

  • Okupansi Ruang Ritel Turun Tipis

    JAKARTA - Tingkat hunian (okupansi) ruang ritel di kuartal II-2016 mencapai 92,33% atau sedikit menurun sebesar 0,27% dari kuartal sebelumnya dan berkurang sebesar 1,38% dari kuartal yang sama tahun lalu. Hal ini dikarenakan adanya tambahan pasokan baru yang diluncurkan ke pasar pada kuartal ini.

    Adapun, harga sewa gross keseluruhan untuk ruang ritel telah meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 0,67% sehingga mencapai Rp 941.800 per m2.

    Di sisi lain, Hendra mengatakan, banyak pengembang yang terus memperluas pasar mereka ke wilayah Jabodetabek, sebagai daerah CBD sudah mencapai titik jenuh.

    “Sudah muncul kota-kota seperti Balikpapan, Surabaya, dan Samarinda yang menjadi tujuan bagi pengembang untuk menambah portofolio mereka. Hal ini juga didorong oleh peraturan pemerintah dan meningkatnya permintaan dari masyarakat kelas menangah di kota-kota,” katanya.

    Dia menjelaskan, pertumbuhan pasar ritel di Jakarta pada kuartal selanjutnya akan didorong oleh daya beli kelompok berpenghasilan menengah dan menengah atas yang muncul Jakarta. Selain itu, paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan oleh pemerintah juga diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ritel di sisa paruh 2016.

    Hendra memperkirakan, pengembang properti akan mengincar kawasan pinggiran kota Jabodetabek dan daerah lainnya untuk mengembangkan daerah ritel. “Penyewa dari brand asing juga diperkirakan masih akan terus membanjiri pasar ritel,” katanya.



    Laila Ramdhini/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci