Pasokan Ruang Ritel Tumbuh Lambat

JAKARTA Lembaga konsultan Leads Services Property Services Indonesia menyatakan, pasar bangunan ritel di Jakarta masih tumbuh lambat sepanjang kuartal II-2016. Hal ini diakibatkan kondisi ekonomi nasional ...

  • propertidata
  • 2016.09.27
  • 431

    view

  • Pasokan Ruang Ritel Tumbuh Lambat

    JAKARTA – Lembaga konsultan Leads Services Property Services Indonesia menyatakan, pasar bangunan ritel di Jakarta masih tumbuh lambat sepanjang kuartal II-2016. Hal ini diakibatkan kondisi ekonomi nasional yang belum pulih.

    Chief Executive Officer (CEO) Leads Property Hendra Hartono, mengatakan, Jakarta mendapat pasokan ruang ritel baru seluas 34.000 meter persegi (m2) sepanjang kuartal II-2016. Secara keseluruhan ruang ritel di Jakarta yang tersedia yakni 4,95 juta m2, tediri atas 3,07 m2 (62,07%) dari ritel sewa, 1,22 juta m2 (24,67%) dari ritel strata, dan 657.536 m2 (13,26 %) dari pusat ritel campuran .

    Kawasan pusat bisnis (Central Business District/CBD) di Jakarta memegang pangsa pasar terbesar yakni 28% dari keseluruhan, diikuti oleh Jakarta Utara (21%), Jakarta Barat (20%), Jakarta Selatan (19%), Jakarta Pusat (7%), dan Jakarta Timur (5%) dengan pangsa pasar 21%, 20 %, 19 % , 7 % , dan 5 % masing-masing .

    Sepanjang kuartal II-2016, permintaan (demand) untuk bangunan ritel di Jakarta masih minim atau sama dengan kuartal sebelumnya. Permintaan dan transaksi masih terjadi terutama di kawasan CBD dan Jakarta Selatan.

    Sementara itu, beberapa brand internasional yang baru telah memasuki pasar ritel, sedangkan yang lainnya masih memperluas jangkauan dan bersaing dengan merek lokal untuk ruang yang tersedia.

    “Sebagian besar ruang ritel yang disewakan di kuartal II-2016 telah diserap oleh penyewa dari pemain fashion, makanan dan minuman,” kata Hendra.



    Laila Ramdhini/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci