Ini 5 Cara Agar Program 1 Juta Rumah Jokowi Capai Target

Big Banner

Jakarta -Program Sejuta Rumah sebentar lagi akan segera diluncurkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi pada akhir April 2015. Namun masih banyak yang harus dipersiapkan sebelum program ini dapat berjalan dan capai target, mulai dari bank tanah, data backlog yang akurat, tata ruang, infrastruktur, dan kesiapan kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

Demikian pernyataan Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda dalam situs resminya yang dikutip detikFinance, Jumat (3/4/2015).

Ali mengatakan, Indonesia Property Watch kembali mengingatkan agar pemerintah tidak absen dalam penyediaan rumah rakyat. Beberapa pemerintah menyangkut rumah rakyat banyak yang berjalan namun, tanpa blueprint yang jelas sehingga banyak program yang tidak dapat berjalan karena tidak dipersiapkan dengan matang.

“Dalam kaitannya dengan Program Sejuta Rumah, Indonesia Property Watch mencermati ada beberapa hal yang seharusnya menjadi prioritas dalam pencanangan program ini,” kata Ali.

Bank Tanah

Menurut Ali, Bank Tanah menjadi faktor krusial yang seharusnya diperhatikan pemerintah dari sisi supply, karena tanpa supply maka program ini tidak akan berjalan optimal. Bantuan Uang Muka, turunnya suku bunga FLPP 5%, dan besaran uang muka hanya 1% akan memperbesar pasar permintaan dengan menaikkan daya beli konsumen, yang akan berjalan ketika rumah yang sesuai tersedia di pasar. Dengan adanya bank tanah milik pemerintah, maka mismatch pasar akan dapat dihindari dan pemerintah dapat mematok harga rumah yang sesuai.

Data BacklogNext

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me