Citarasa Kreatif Furnitur dan Homedecor Lokal

Jakarta - Industri kreatif merupakan salah satu pilar dalam membangun perekonomian nasional. Potensi bisnis ini terbilang cukup besar, dan didukung pula oleh keragaman budaya dan tradisi Indonesia yang ...

  • propertidata
  • 2016.09.27
  • 521

    view

  • Citarasa Kreatif Furnitur dan Homedecor Lokal

    Jakarta - Industri kreatif merupakan salah satu pilar dalam membangun perekonomian nasional. Potensi bisnis ini terbilang cukup besar, dan didukung pula oleh keragaman budaya dan tradisi Indonesia yang bisa menjadi inspirasi dalam berkarya untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Mencermati kondisi tersebut, Maggie Eddy bersama Sarah Hutauruk, mencetuskan gagasan membuat suatu wadah untuk produk desain dan art Indonesia yang telah dikurasi secara khusus. Kualitas dan citarasa produk tentunya menjadi hal yang diutamakan, dengan kisaran harga jual yang terjangkau. Merek (brand) 2Madison kemudian mereka pilih, karena terinspirasi oleh Madison Avenue, yang merupakan sebuah jalan utama di kota New York, Amerika Serikat (AS).

    "Pada tahun 2013, tim 2Madison Design House dibentuk. Tidak lama kemudian, lahirlah kreasi pertama untuk produk Furniture dan Homedecor yang dipasarkan lewat showroom mungil di jalan Benda, dan tentunya lewat online shop," kata Product & Managing Director 2Madison, Maggie Eddy, saat Media Gathering BazArt#2 by 2Madison, di Jakarta, Senin (26/9) petang.

    Secara perlahan, lanjut dia, 2Madison Design House mulai menerima permintaan job interior untuk restoran, sekolah anak, hotel, apartemen, dan lain-lain. "Tentunya, semua pekerjaan interior tersebut dieksekusi dengan menggunakan produk atau kreasi yang 100 persen lokal," tambah Maggie.

    Saat ini, Maggie Eddy meneruskan manajemen dan pengembangan 2Madison Design House & Lifestyle Store bersama timnya yang berbakat di kawasan jalan Bangka, Kemang, Jakarta Selatan. Sebagai brand yang masih muda, kata dia, banyak sekali tantangan yang harus dilaluinya.

    "Namun, hasrat untuk terus berkreasi dan memajukan produk artisan lokal memberikan semangat untuk bertahan dan terus melangkah maju. Terlebih, saat bertemu dengan teman-teman kreatif lain yang memiliki visi dan misi yang sama. Selain bertukar ilmu, seringkali pertemanan ini berkembang menjadi kolaborasi-kolaborasi kreatif yang baru," ungkap Maggie.

    "Portfolio 2Madison sendiri telah berkembang menjadi satu konsep lifestyle yang unik. Komposisi portfolio 2Madison terdiri dari produk yang diciptakan 2Madison Design House yakni sebanyak 75 persen, dan 25 persen lainnya adalah karya cipta dari para desainer atau seniman Indonesia yang menjadi kontributor 2Madison," tambahnya.

    Untuk depannya, Maggie berharap, komposisi produk dari kontributor bisa lebih besar. 2Madison, lanjut dia, secara konsisten mengajak para insan kreatif untuk bekerja sama dengan smart dan menciptakan creative movement bersama-sama.

    "Generasi baru sekarang ini merupakan generasi yang cenderung ingin serba instan, lebih bebas berekspresi dengan apa yang dirasa dan dipikir secara spontan. 2Madison ingin menjadi wadah yang menjembatani para insan kreatif muda berbakat Indonesia. Selain mengasah bakat seninya, kami juga terjunkan mereka untuk mempelajari peluang bisnisnya bersama-sama," tutup Maggie.

    Feriawan Hidayat/FER

    BeritaSatu.com

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci