Ayo, Bikin Rumah Sehat!

Foto: Rumah123/iStockKamu pasti ingin tinggal di rumah yang nyaman, sehat, dan aman untuk ditinggali. Untuk mewujudkan lingkungan rumah yang sehat, sebenarnya sih mudah sekali.Kamu hanya perlu rajin membersihkan ...

  • propertidata
  • 2016.09.27
  • 583

    view

  • Ayo, Bikin Rumah Sehat!



    Foto: Rumah123/iStockKamu pasti ingin tinggal di rumah yang nyaman, sehat, dan aman untuk ditinggali. Untuk mewujudkan lingkungan rumah yang sehat, sebenarnya sih mudah sekali. Kamu hanya perlu rajin membersihkan rumah.

    Nah, ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar rumahmu menjadi sehat.

    Pertama, kamu harus membiarkan udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Aturlah ventilasi dan jendela yang baik agar udara luar bisa masuk, begitu juga sebaliknya. Kalau jendela tidak ada, usahakan kamu membuat lubang udara di bagian atas rumah.

    Beruntunglah bagi kamu yang rumahnya menghadap Timur. Kamu akan mendapatkan cahaya matahari pagi. Kalau tidak, buatlah cahaya bisa masuk ke rumat lewat jendela atau bagian atas rumah.

    Kedua, kamu mesti rajin menanam tumbuhan. Adanya tanaman atau pohon sangat baik untuk kesehatan rumah, lantaran tanaman dapat membersihkan udara, menyerap polusi, meredam kebisingan dari luar rumah, dan juga membuat suasana rumah seperti kembali ke alam.

    Rumahmu sempit? Ah, jangan kehabisan akal. Kamu bisa bercocok tanam dengan media apapun dan dapat ditaruh di dinding.

    Baca juga: Hati-hati Rumah Kamu Bisa Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

    Ketiga, kamu harus menghindari merokok di rumah. Kalau kamu seorang perokok, ada baiknya menghentikan kebiasaan buruk ini. Kalau belum bisa, sebaiknya kamu tidak merokok di dalam rumah.

    Asap bakal memenuhi ruangan dan sulit hilang. Tentunya kamu tidak ingin anggota keluargamu menjadi perokok pasif dan malah sakit, bukan? Karena itu, usahakan tidak merokok di dalam rumah.

    Keempat, kamu harus rajin membersihkan rumah dan menyeleksi barang yang tidak digunkan lagi. Kalau rumahmu kotor, tentunya tidak sehat dan bisa mengundang penyakit. Maka itu, kamu harus rajin membersihkan, menyapu, dan mengepel.

    Kamu juga harus rajin menyortir barang-barang yang tidak terpakai. Kalau kamu menyimpan barang di rumah, perlu diingat hal itu akan mengundang binatang kecil seperti tikus, kecoa, kalajengking, dan lainnya untuk bersembunyi di tumpukan barang.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci