Selain memangkas Perizinan Juga Bantuan Pembiayaan

Selain memberikan memangkas sejumlah perzinan, pemerintah juga memberikan insentif berupa kemudahan perizinanjuga bantuan pembiayaan perumahan untuk mendukung Program Sejuta Rumah khususnya bagi MBR. Seperti ...

  • propertidata
  • 2016.09.27
  • 481

    view

  • Selain memangkas Perizinan Juga Bantuan Pembiayaan

    Selain memberikan memangkas sejumlah perzinan, pemerintah juga memberikan insentif berupa kemudahan perizinan juga   bantuan pembiayaan perumahan untuk mendukung Program Sejuta Rumah khususnya bagi MBR.

    Seperti diulas Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016, disebutkan di antara bentuk bantuan pembiayaan itu adalah KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dari Kementerian PUPR yang bekerjasama dengan Bank penyalur.

    Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Maurin Sitorus mengatakan melalui KPR FLPP, masyarakat mendapat bunga sangat rendah 5 persen dan tetap sampai 20 tahun, uang muka ringan, angsuran rendah, bebas premi asuransi dan bebas PPN. Disamping itu bagi PNS mendapat bantuan uang muka melalui Bapertarum.

    Pemerintah sendiri telah mengalokasikan anggaran FLPP senilai Rp9,22 triliun untuk memfasilitasi penerbitan KPR FLPP bagi 84.000 unit pada tahun 2016. Disamping itu pemerintah juga membantu melalui program Subsidi Selisih Bunga yang dialokasikan dananya tahun ini sebesar Rp2,05 triliun dan Bantuan Uang Muka (BUM) sebesar 1,2 triliun.

    Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan, backlog perumahan pada 2015 sebesar 11,4 juta unit atau menurun dari backlog pada 2010 yang mencapai 13,5 juta unit. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) backlog penyediaan perumahan diharapkan dapat berkurang menjadi sebesar 6,8 juta unit pada akhir 2019.

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci