INTERIOR RUMAH: Cara Agar Proyek Mengecat Rumah Tidak Overbudget

Apa jadinya bila dinding di rumah Anda hanya hadir dalam balutan warna lapisan semen saja? Akankah memberi efek positif bagi Anda, atau justru sebaliknya? Apakah akan membuat Anda betah menghabiskan waktu ...

  • propertidata
  • 2016.09.28
  • 708

    view

  • INTERIOR RUMAH: Cara Agar Proyek Mengecat Rumah Tidak Overbudget

    Apa jadinya bila dinding di rumah Anda hanya hadir dalam balutan warna lapisan semen saja? Akankah memberi efek positif bagi Anda, atau justru sebaliknya? Apakah akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di rumah.

    Saat dinding rumah tidak dicat, atau tidak hadir dalam warna yang Anda suka, tentu akan berpengaruh pada rasa nyaman saat di rumah. Aktivitas mengecat ruangan memang tidaklah sulit. Biaya yang dikeluarkan pun biasanya masih dalam taraf yang wajar. Namun jika tidak direncanakan dengan baik maka jangan heran akan terjadi overbudget.

    Guna menghindari budget pengecatan jadi berlebih, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Misalnya saja perihal persiapan. Mengingat mengecat rumah biasanya menjadi proyek yang Anda garap sendiri, maka kegagalan umumnya terjadi karena kurangnya persiapan.

    Biaya tambahan bisa saja muncul bila Anda secara tidak sengaja menjatuhkan cat ke lantai. Bukan sekadar keteledoran, hal tersebut biasanya terjadi karena persiapan yang kurang. Bila cat tumpah Anda tentu harus membeli gantinya, belum lagi harus repot membersihkan kekacauan yang terjadi.

    Persiapkanlah segala sesuatunya secara matang. Sebab jika untuk ruang yang akan Anda cat saja sudah Anda persiapkan dengan baik, termasuk semua peralatan sudah Anda siapkan maka akan mempercepat dan mempermudah pekerjaaan Anda.

    Selanjutnya, hati-hatilah dalam memilih cat. Hal yang perlu Anda ketahui, setiap brand cat memiliki kualitas yang berbeda. Untuk cat yang berkualitas tidak terlalu bagus, biasanya Anda perlu beberapa lapisan  untuk mendapatkan hasil sempurna, sedang yang berkualitas hanya dua lapis saja sudah cukup.

    Tentu untuk harga akan berbeda antara yang memiliki kualitas baik dan yang tidak, tapi menggunakan cat berkualitas tentu akan jadi menghemat waktu dan tenaga. Begitu pun untuk budget, jika dengan dengan cat bagus Anda hanya butuh 2 liter untuk hasil sempurna, mungkin dengan cat berkualitas kurang baik bisa 5 liter.
    Selain itu pastikan Anda menyimpan kembali peralatan mengecat yang telah Anda gunakan. Ini berguna untuk menghindari pengeluaran berlebih akibat banyaknya barang yang rusak atau terkena ceceran cat, dan sebagainya.

    Keempat, perkirakan secara akurat berapa banyak cat Anda butuhkan. Saat ini teknologi sudah semakin maju, ada beberapa situs online yang menghadirkan aplikasi kalkulator cat. Aplikasi tersebut akan membantu Anda menghitung berapa tepatnya jumlah cat yang Anda butuhkan.

    Jadi sebelum Anda pergi ke toko untuk membeli cat, Anda bisa menggunakan kalkulator cat untuk mengetahui persis berapa banyak cat yang butuhkan.

    properti.bisnis.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci