Lumut Bandel di Bagian Rumah? Tumpas Saja dengan Cara Ini!

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockDi rumahmu, ada beberapa tempat tertentu yang basah dan lembap, bukan? Bagian ini biasanya jadi tempat favorit lumut untuk berkembang-biak.Lebih-lebih bila tempat ini minim ...

  • propertidata
  • 2016.09.28
  • 257

    view

  • Lumut Bandel di Bagian Rumah? Tumpas Saja dengan Cara Ini!



    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

     Di rumahmu, ada beberapa tempat tertentu yang basah dan lembap, bukan? Bagian ini biasanya jadi tempat favorit lumut untuk berkembang-biak. Lebih-lebih bila tempat ini minim cahaya matahari.Lumut yang menempel pada lantai berbahan porselin, pastinya menimbulkan licin pada lantai tersebut. Tapi, kamu tak perlu khawatir, asal kamu mau membersihkannya. Berikut beberapa bahan sederhana untuk mencegah dan membersihkan lumut yang membandel: 1. Pemutih Pakaian

    Campur pemutih pakaian merek apapun dengan air, takarannya 1:4, lalu aduk hingga rata. Siramkan pada tempat yang berlumut, kemudian gosok dengan sikat. Lakukan hal ini secara berulang, kemudian siram dengan air.

     2. Larutan Garam

    Siapkan tiga sendok makan garam dapur, campur dengan 2 liter air. Proses berikutnya, rebus larutan campuran tersebut sampai mendidih. Lalu, siram larutan selagi panas ke dinding atau lantai yang berlumut. Lantas, sikatlah. Lakukan secara berulang hingga hasil maksimal.

    Baca juga: Memerdekakan Genteng dari Lumut3. Air Kapur

    Buat larutan air kapur dicampur dengan air, siramkan larutan ke dinding atau lantai yang berlumut. Tapi, untuk larutan satu ini tidak bisa langsung disikat.

    Biarkan larutan mengendap selama satu hari. Esok harinya, gosok lantai dengan sikat. Lumut akan mudah terkelupas. Proses terakhir, siram dengan air.

    4. Bata Merah

    Ternyata batu bata selain untuk bahan bangunan, juga berguna menghilangkan lumut. Caranya, gosokkan bata merah pada lantai yang berlumut hingga merata. Bilas dengan air. Lumut pada lantai pun akan tergerus. 5. Kaporit

    Siapkan bubuk kaporit secukupnya, kemudian taburkan ke seluruh dinding atau lantai, diamkan selama 1 jam. Jika muncul buih-buih, menandakan lumut sudah terangkat. Siram dengan air, kemudian gosok dengan air sabun. Siram sekali lagi dengan air agar tidak licin.Cara di atas sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin tangannya iritasi akibat cairan kimia keras yang biasa dijual di pasaran. Sebenarnya cairan kimia mengandung formalin sebagai bahan aktif yang berfungsi sebagai pembunuh kuman. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci