Ciputra Hingga Maspion Bantu Sertifikasi Tanah Masyarakat

Housing-Estate.com, Jakarta - Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil, anggaran dari APBN untuk program sertifikasi tanah masyarakat maksimal ...

  • propertidata
  • 2016.09.28
  • 253

    view

  • Ciputra Hingga Maspion Bantu Sertifikasi Tanah Masyarakat

    Housing-Estate.com, Jakarta - Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil, anggaran dari APBN untuk program sertifikasi tanah masyarakat maksimal 1 juta bidang per tahunnya. Karena itu sejak Indonesia merdeka tahun 1945, total tanah yang tersertifikasi baru mencapai 45 juta bidang dari lebih 86 juta bidang yang artinya masih ada separuh bidang tanah di Indonesia yang belum tersertifikasi.

    Ilustrasi

    “Untuk mempercepat ini kita menggandeng pihak swasta dari kalangan pengembang untuk membantu pembiayaan sertifikasi tanah masyarakat. Sementara ini yang kita lakukan untuk sertifikasi tanah masyarakat di Surabaya karena dukungan yang kuat dari Walikota Ibu Tri Rismaharini, nantinya ini akan diterapkan di daerah lain,” ujarnya saat memberikan sertifikat tanah warga Surabaya, awal pekan ini.

    Ada 9 perusahaan pengembang yang membantu pensertifikatan tanah masyarakat di Surabaya ini untuk jumlah 6.500 bidang tanah. Perusahaan tersebut dari Ciputra Group, Pakuwon Group, Podojoyo Masyhur Group, PT Bhakti Tamara, PT Trijaya Kartika, PT Dian Permana, Lamicitra Nusantara, PT Gala Bumo Perkasa, dan Maspion Group.

    Sertifikasi tanah dari kalangan swasta ini juga ikut membantu program pemerintah untuk pensertifikatan dan pemetaan seluruh tanah di Indonesia pada tahun 2025. Bila seluruh tanah sudah dipetakan akan memudahkan banyak pihak dan instansi misalnya untuk proses transaksi jual-beli tanah selain memberikan kepastian dan menghindari konflik pertanahan.

    “Kalau di negara maju mau beli tanah itu mudah sekali karena tanah di manapun sudah jelas statusnya dan kita juga tengah menuju seperti itu. Pensertifikatan ini juga bisa mendukung akses ekonomi masyarakat karena tanahnya bisa diagunkan ke bank untuk mendapatkan dana modal kerja,” pungkasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci