36 Hotel BUMN Berhimpun di HIG

JAKARTA Hotel Indonesia Group (HIG) kini menghimpun 36 hotel yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) maupun anak BUMN. Kehadiran HIG diharapkan mampu menyinergikan hotel-hotel pelat merah yang beroperasi ...

  • propertidata
  • 2016.09.29
  • 335

    view

  • 36 Hotel BUMN Berhimpun di HIG

    JAKARTA – Hotel Indonesia Group (HIG) kini menghimpun 36 hotel yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) maupun anak BUMN. Kehadiran HIG diharapkan mampu menyinergikan hotel-hotel pelat merah yang beroperasi di seluruh pelosok Indonesia.

    “Tahap awal yang berhimpun di HIG 26 hotel, kini menjadi 36 hotel,” tutur Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said, kepada Investor Daily, di Jakarta, Selasa (27/9).

    Dia menambahkan, ke-36 hotel itu mengelola 5.400-an kamar dengan sekitar 5.900 karyawan.

    Mereka yang bersinergi di HIG terdiri atas PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Patrajasa (anak usaha PT Pertamina (Persero) dan PT Aerowisata (anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk), Pegadaian, dan Taman Wisata Candi. Komposisinya terdiri atas tujuh hotel milik Aerowisata, 12 hotel milik HIN, tujuh hotel milik Patra Jasa, sembilan hotel milik Pegadaian (Pesona Hotel), dan satu hotel milik Taman Wisata Candi yang berlokasi di Kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah. “Hotel milik Pegadaian yang sudah beroperasi sebanyak tiga unit,” tegasnya.

    Menurut dia, lewat sinergi ini diharapkan hotel-hotel milik BUMN dapat lebih bersaing dengan hotel yang dikelola jaringan operator internasional. Hal itu juga ditopang oleh mayoritas hotel HIG yang berdiri di lokasi strategis dengan awak hotel berpengalaman. Apalagi, tambahnya, saat ini ada 16 BUMN yang siap menjadi pemasok kebutuhan jaringan hotel yang ada di HIG.

    "Dengan kebersamaan ini, kita bisa menunjukkan BUMN punya kualitas, bagus, dan merepresentasikan kebudayaan Indonesia yang ramah, bersih, dan sangat menarik," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, saat meresmikan HIG, di Jakarta, Rabu (28/9).

    Dia mengaku bangga atas bergabungnya hotel anak usaha BUMN dalam satu grup konsolidasi. Rini mengaku kepemilikan HIG memang belum disatukan, tapi operasionalnya sudah dilakukan bersama. "Ke depannya bakal ada 'holding'," ujarnya.

    Pemerintah, tambah dia, berharap, jaringan perhotelan di bawah HIG dapat memberikan pelanggan variasi hotel yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.



    Imam Muzakir/Edo Rusyanto/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci