Hidup Tanpa Sampah? Kamu Bisa Memulainya dari Rumah Lho!

Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)Setiap hari kamu membuang sampah. Perhatikan berapa banyak kamu membuangnya? Satu kantong plastik besar?Bayangkan kalau satu juta orang melakukannya, berapa banyak sampah ...

  • propertidata
  • 2016.09.29
  • 211

    view

  • Hidup Tanpa Sampah? Kamu Bisa Memulainya dari Rumah Lho!

    Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

    Setiap hari kamu membuang sampah. Perhatikan berapa banyak kamu membuangnya? Satu kantong plastik besar?

    Bayangkan kalau satu juta orang melakukannya, berapa banyak sampah dalam sehari. Sementara penduduk dunia pada 2015 sudah mencapai 7,3 miliar jiwa!

    Sampah bisa menjadi sumber masalah. Banyak sampah yang tidak dapat hilang atau didaur ulang. Hal ini bisa berdampak jangka panjang.

    Sebenarnya, ada sederetan langkah sederhana agar kamu bisa menerapkan hidup zero waste atau nol sampah. Kamu bisa memulainya dari rumah. Nah, seperti apa sih yang bisa kamu lakukan?

    Pertama, kamu harus menghindari penggunaan plastik. Kamu bisa membawa tas kain sendiri saat berbelanja. Ingat, plastik termasuk sampah yang membutuhkan waktu lama untuk diurai.

    Kedua, kamu harus menghabiskan makanan. Kalau kamu memasak atau membeli makanan, pastikan menghabiskannya. Jangan membuang makanan.

    Ketiga, kamu mesti menghindari barang sekali pakai. Sebaiknya, kamu menggunakan handuk untuk mengelap keringat ketimbang memakai tisu yang hanya sekali pakai.

    Baca juga: Yuk, Rajin Membersihkan Alat-alat Kebersihan Rumah

    Keempat, kamu bisa membeli barang bekas. Kalau kamu mau melakukannya, produksi pakaian baru bisa ditekan dan mengurangi sampah tekstil.

    Kelima, kamu harus menggunakan benda yang tahan lama. Kamu bisa menggunakan barang seperti ini dalam jangka waktu yang lama. Kalau sebaliknya, bayangkan betapa banyaknya barang yang dibuang ke tempat sampah.

    Keenam, kamu bisa membawa makan siang sendiri. Menurut sebuah situs, kemasan makan siang menyumbangkan sampah seberat 50 kg sampah per orang per tahun. Kalau kamu membawa makan siang sendiri, kamu bisa mengurangi sampah plus menghemat pengeluaran.

    Ketujuh, kamu harus mengurangi penggunaan kertas. Dalam satu hari, rata-rata pekerja kantor menggunakan 1 kg kertas. Marilah mulai menggunakan catatan di laptop atau telepon seluler.

    Kedelapan, kamu harus mulai memikirkan soal daur ulang. Bayangkan berapa sampah plastik yang ada kalau kamu membeli minuman dalam botol? Nah, kalau begitu coba biasakan membawa air minum sendiri dalam botol yang bisa diisi ulang.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci