LRT Cawang Kerek Investasi Properti

JAKARTA Proyek-proyek properti dengan dukungan infrastruktur transportasi memiliki prospek cerah. Hal itu termasuk proyek yang dikembangkan di lintasan kereta api ringan (light rail transit/LRT) Jakarta ...

  • propertidata
  • 2016.09.30
  • 450

    view

  • LRT Cawang Kerek Investasi Properti

    JAKARTA – Proyek-proyek properti dengan dukungan infrastruktur transportasi memiliki prospek cerah. Hal itu termasuk proyek yang dikembangkan di lintasan kereta api ringan (light rail transit/LRT) Jakarta seperti di koridor Cawang, Jakarta Timur.

    “Kehadiran light rail transit membantu pengembangaan proyek properti. Infrastruktur transportasi menolong pertumbuhan pengembangan maupun investasi properti,” tutur Director Head of Research and Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus, kepada Investor Daily, di Jakarta, baru-baru ini.

    Proyek properti yang berada di sekitar lintasan awal hingga akhir LRT dapat lebih berkembang. “Apalagi pembangunan LRT progress-nya lebih cepat,” tambahnya.

    Menurut Direktur PT Adhi Karya Tbk, Pundjung Setya Brata, pembangunan LRT hingga kini masih sesuai dengan jadwal. Dalam melakukan percepatan pembangunan proyek angkutan umum massal itu Adhi Karya terus berkoordinasi dengan PT Jasa Marga Tbk. Tujuannya agar para pengguna jalan tol tidak terganggu mengingat proyek LRT berada di sisi jalan tol.

    “Perkembangan pembangunan tiga lintasan LRT kini sudah mencapai 10%. Kami optimistis dapat mencapai target,” urai Pundjung kepada Investor Daiyl, belum lama ini.

    Pada tahap pertama, Adhi Karya membangun tiga lintasan (trase). Pertama, Koridor Cawang – Cibubur sepanjang 14,3 kilometer (km). Kedua, koridor Cawang - Bekasi Timur (18,3 km) dimana penumpang dapat berangkat dari stasiun Cawang, Halim, Jatibening, Cikunir, Bekasi Barat, Bekasi Timur. Sedangkan koridor Ketiga Cawang - Dukuh Atas (10,5 km).

    Pada tahap dua Adhi Karya membangun tiga koridor sepanjang 41,5 km, yaitu lintasan layanan Bogor – Cibubur dan Dukuh Atas – Senayan, dan Palmerah – Grogol.

    “Khusus untuk lintasan Cawang-Cibubur perkembangannya hingga pertengahan September 2016 sudah lebih dari 10%” tambahnya.

    Ketiga lintasan itu ditargetkan beroperasi penuh pada 2019. “Pembangunannya dilakukan serentak dan diharapkan beroperasi secara serentak pula,” kata dia.



    Edo Rusyanto/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci