Pemkab Bantul Siapkan Pembangunan Perumahan Buruh

Big Banner

Bantul – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewacanakan pembangunan perumahan untuk buruh atau tenaga kerja yang bekerja di pabrik di kawasan industri daerah ini.

“Kami punya angan-angan bagaimana kalau ada perumahan buruh yang bisa disewa atau dibeli dengan harga terjangkau. Ini akan kami sampaikan saat rapat dengan Pemerintah DIY nanti,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul, Susanto di Bantul, Selasa (21/4).

Menurut dia, jika perumahan buruh yang dibangun pemerintah direalisasikan nantinya bisa disewa para buruh dengan harga terjangkau, mengingat saat ini di Bantul sedang mengembangkan kawasan industri di Piyungan, Sedayu, dan Pajangan.

Ia mengatakan pemikiran pembangunan perumahan buruh dinilai tepat, mengingat selama ini para buruh mengalami kesulitan terkait tempat tinggal, terutama yang rumahnya jauh dari tempat bekerja, harus mengeluarkan biaya besar untuk transportasi setiap hari.

“Upah mereka sudah berkurang banyak untuk ongkos transportasi, belum lagi kalau ada risiko terlambat sampai tempat kerja karena butuh waktu lama untuk menempuh perjalanan dari rumah,” katanya.

Apalagi, menurut Susanto, sejauh ini belum ada satu pun perusahaan di Bantul yang sanggup menyediakan tempat tinggal untuk para pekerjanya, sehingga Pemkab perlu menyediakan tempat tinggal murah untuk para buruh, terutama di kawasan industri.

“Nanti bisa diprioritaskan bagi mereka yang masih bujang misalnya, atau sudah menikah namun belum mempunyai anak agar tidak terlalu ramai, juga bagi buruh yang rumahnya jauh,” katanya.

Ia mengatakan pembangunan perumahan untuk buruh industri ini jika direalisasikan nantinya bisa berdampak positif bagi pihak terkait, di antaranya pengawasan buruh yang lebih mudah, tempat tinggal layak juga akan mempengaruhi kinerja para buruh.

“Selain itu, akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar perumahan, karena lingkungan menjadi ramai sehinga muncul usaha baru seperti menjadi tukang ojek, tukang sayur, dan sebagainya,” katanya.

/FER

Antara

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me