Green Property Awards Jadi Acuan Pemerintah

Housing-Estate.com, Jakarta - Green Property Awards (GPA) yang diselenggarakan setiap tahun oleh majalah HousingEstate dijadikan acuan dalam pengembangan kawasan ramah lingkungan. Delapan kriteria penilaian ...

  • propertidata
  • 2016.09.30
  • 327

    view

  • Green Property Awards Jadi Acuan Pemerintah

    Housing-Estate.com, Jakarta - Green Property Awards (GPA) yang diselenggarakan setiap tahun oleh majalah HousingEstate dijadikan acuan dalam pengembangan kawasan ramah lingkungan. Delapan kriteria penilaian GPA diadopsi pemerintah untuk pengembangan kota hijau di seluruh Indonesia.

    Green Property Awards 2016

    “Kriteria yang dipakai pada ajang GPA sejak tahun 2009 banyak diadopsi oleh beberapa pemerintah daerah dan kota. Bahkan ini juga cocok dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang mengembangkan 200 kota hijau sejak tahun 2011 dan kriterianya sama dengan kriteria GPA,” ujar Nirwono Joga, Ketua Tim Juri GPA 2016, pada acara penyerahan GPA 2016 di Jakarta, Rabu (28/9).

    Delapan  kriteria penilaian GPA mencakup penataan ruang kawasan, pengelolaan sampah, pengelolaan air, infrastruktur, transportasi, ruang terbuka hijau (RTH), bangunan hijau, dan partisipasi masyarakat. Nirwono adalah Koordinator Kemitraan Kota Hijau sekaligus konsultan di Kemenpupera untuk pengembangan Kota Hijau di Indonesia.

    Nirwono menyebutkan dalam penyediaan ruang terbuka hijau (RTH)  pengembang sudah menjalankan cukup baik. RTH yang disediakan di proyek yang dikembangkan rata-rata 30 persen.  Karena itu pengembang pantas disebut sebagai pioner karena RTH perkotaan rata-rata hanya 8-9 persen. Karena itu pemerintah terus mendorong pemkab/pemkot untuk terus memperbanyak RTH di wilayahnya.

    Saat ini Kemenpupera memiliki program 100-0-100, yaitu 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak yang akan dicapai hingga tahun 2019.  Program Kota Hijau direspon cukup baik oleh beberapa kepala daerah, antara lain  Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Sekarang lingkungan Kota Surabaya menjadi hijau dan asri, di gang, jalan protokol penuh tanaman. Seluruh taman juga dibenahi dan dikelola cukup baik.

    Nirwono menyatakan makin banyak kemajuan yang dicapai pada ajang GPA 2016. Seluruh 16  proyek penerima anaugerah GPA mengalokasikan 30 persen RTH. Mereka juga  menerapkan atribut lain seperti pengolahan sampah, air, transportasi, hingga keterlibatan masyarakat. “Ini harus terus didorong dan pemerintah diharapkan mau memberikan insentif supaya penerapan green ini semakin masif,” pungkasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci