Beroperasi 2018, Proyek MRT Tidak Boleh Tertunda

Housing-Estate.com, Jakarta - Dua tahun mendatang (2018) proyek mass rapid transit (MRT) Lebak Bulus Bundaran Hotel Indonesia (HI) ditargetkan sudah bisa beroperasi. Angkutan cepat massal tersebut diharapkan ...

  • propertidata
  • 2016.09.30
  • 252

    view

  • Beroperasi 2018, Proyek MRT Tidak Boleh Tertunda

    Housing-Estate.com, Jakarta - Dua tahun mendatang (2018) proyek mass rapid transit (MRT) Lebak Bulus – Bundaran Hotel Indonesia (HI) ditargetkan sudah bisa beroperasi. Angkutan cepat massal tersebut diharapkan bisa mengatasi kemacetan Jakarta yang kian parah. Untuk progres pembangunannya terus dipantau Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti yang dilakukan hari ini, Jumat (30/9), dengan meninjau stasiun MRT Dukuh Atas. Peninjauan dilakukan sesusai Jokowi meninjau proyek LRT (light rail transit) di tol Jagorawi Km 13, Cibubur.

    Dalam peninjauan itu Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, dan  Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dengan dipandu Dirut PT MRT Jakarta Dono Boestami mereka turun di area pembangunan stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat, di kedalaman 35 meter.

    “Perkembangan pekerjaan MRT dari bulan ke bulan selalu saya ikuti dan pada hari ini saya ingin melihat langsung terutama stasiun Dukuh Atas, (stasiun ini) ada tiga lantai,” ujar Jokowi usai melakukan peninjauan.

    Ahok menyatakan tidak boleh terjadi kesalahan dan penundanaan pada proyek MRT. Karena itu pelaksanaannya terus dipantau. “Ini proyek pertama kita (MRT), Kota Jakarta bukan hanya tidak punya transportasi massal tapi  juga tidak punya terowongan, tunnel untuk pengelolaan air limbah,” ujar Basuki.

    Proyek MRT koridor selatan – utara akan dikembangkan dua tahap. Tahap pertama Lebak Bulus – Bundaran HI sepanjang 15,7 km, tahap dua Bundaran HI – Kampung Bandan (8,1 km. Groundbreaking tahap pertama dilakukan Jokowi tahun 2013. Beroperasinya MRT ini akan meringkas perjalanan dan mengurangi kemacetan.  Dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang menjadi stasiun pemberangkatan ke Bundaran HI kurang dari 30 menit perjalanan. Setelah rute Lebak Bulus – Bundaran HI beroperasi pembangunan tahap dua (Bundaran HI – Kampung Bandan) akan dimulai.

    Sebelumnya dalam peninjauan proyek LRT Jokowi berpesan kepada Ahok agar proyek tersebut tidak tertunda. Apabila sampai terjadi kelambatan penyebabnya harus diketahui, apakah teknis, masalah pendanaan, atau hal lainnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci