Tarik Investor dan Ciptakan Lapangan Kerja, India Ingin Bangun 100 Smart City

Big Banner

India terus mengakomodasi warganya yang jumlahnya makin meroket sekaligus menarik investor dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan mendirikan kota-kota cerdas (smart cities). Sejauh ini, mereka telah membangun satu kota cerdas di tepi sungai Sabarmati di India barat.

Dilaporkan oleh laman voanews.com, kota cerdas itu membanggakan infrastruktur modern berupa dua blok perkantoran dan tak banyak lagi keistimewaan lain. Namun, rencana itu diperuntukkan bagi kota metropolitan yang akan dihiasi banyak pencakar langit, pasokan air minum yang berlimpah, pengelolaan sampah yang teratur dan suplai listrik yang dirancang khusus. Semua itu masih menjadi kemewahan bagi sebagian besar rakyat India.

Dengan populasi urban yang akan melejit hingga lebih dari 400 juta jiwa menjadi 814 juta jiwa hingga 2050, India menghadapi urbanisasi massal yang sebelumnya juga dialami Tiongkok dan banyak kota besar di sana yang sudah penuh sesak.

Sebelum pemilihannya Mei lalu, PM Narendra Modi menjanjikan 100 kota cerdas hingga 2020 untuk membantu masalah kependudukan ini.

Dengan biaya kira-kira 1 triliun dollar AS, menurut perkiraan konsultan KPMG, rencana itu memiliki arti penting bagi ambisi sang PM dalam menarik investor dan menyediakan lapangan kerja bagi para warga India yang berusia produktif.

Untuk itu, India menyiapkan 60 miliar rupee atau 962 juta dollar dalam anggaran federal tahunannya untuk tahun fiskal yang dimulai 1 April lalu. (voa/ap)

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me