Bikin Rumah dari Botol Plastik Bekas, Percaya Ga?

SMPN 7 Serpong dan beberapa karyawan Akademi Bambu Nusantara serta komunitas dari Bantargebang ikut membuat modular, Jumat (30/9). Foto: Rumah123/Ade MirantiBotol plastik bekas dan sampah kemasan plastik ...

  • propertidata
  • 2016.10.01
  • 326

    view

  • Bikin Rumah dari Botol Plastik Bekas, Percaya Ga?

    SMPN 7 Serpong dan beberapa karyawan Akademi Bambu Nusantara serta komunitas dari Bantargebang ikut membuat modular, Jumat (30/9). Foto: Rumah123/Ade Miranti

    Botol plastik bekas dan sampah kemasan plastik ternyata masih ada gunanya. Ketimbang dibuang atau dibakar yang justru akan menimbulkan polusi udara, mending diolah menjadi bata atau balok bangunan.

    Komunitas Ecobrick Trainer, Ani Himawati, menyebutkan manfaat dari barang-barang bekas tersebut. Bisa dijadikan furnitur, pot tanaman, bahkan kata Ani, ada negara yang membuat rumah dari barang-barang itu. Contoh di Spanyol, membangun Pura Vida (lihat Ecobrick.org/construction).

    "Jadi, balok dari plastik yang dipadatkan ini bisa dibuat rumah, Di Indonesia sih belum ada, Tapi, negara luar sudah ada yang menerapkan. Tapi, bahan pelapisnya bukan dari semen, dari tanah liat," ujarnya.

    Baca juga: Kaleng Cat Bekas Jadi Furnitur Menarik, Kok Bisa?

    Pada workshop yang diadakan Akademi Bambu Nusantara Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (30/9), puluhan siswa-siswi SMPN 7 Serpong, tampak antusias membuat modular. Satu  modular butuh 20 botol yang sudah dipadatkan dengan potongan bungkus plastik di dalamnya.

    Modular tersebut bisa juga dibentuk kursi dan meja. Komunitas Ecobrick menghindari bahan-bahan yang merusak lingkungan untuk bahan penunjangnya.

    Ecobrick di Indonesia baru terbentuk 1,5 tahun. Komunitas terbesar Ecobrick ada di Yogyakarta dan Bali. Sasaran komunitas ini kebanyakan sekolah-sekolah, yang menerapkan konsep ramah lingkungan.

    "Kalau di Indonesia, di Jogja ada 500 sekolah yang kami berikan training. Kalau di Bali sudah semua kami jajaki," ucapnya. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci