Yuk, Bikin Bata Bangunan dari Botol Bekas

Russell Maier pencetus Ecobrick, memberikan arahan membuat balok dari botol plastik kepada siswa-siswi SMPN 7 Serpong, Jumat (30/9). Foto: Rumah123/Ade MirantiJika kamu punya botol bekas atau bungkus ...

  • propertidata
  • 2016.10.01
  • 375

    view

  • Yuk, Bikin Bata Bangunan dari Botol Bekas

    Russell Maier pencetus Ecobrick, memberikan arahan membuat balok dari botol plastik kepada siswa-siswi SMPN 7 Serpong, Jumat (30/9). Foto: Rumah123/Ade Miranti

    Jika kamu punya botol bekas atau bungkus plastik yang tidak digunakan lagi, bisa loh kamu jadikan benda yang bermanfaat. Komunitas masyarakat ecobrick melakukan hal ini. Botol-botol bekas dan plastik yang terkumpul mereka bentuk menjadi furnitur modular.

    Modular tersebut bisa dibongkar pasang sesuai kegunaan. Dari penuturan Ecobrick Trainee, Ani Himawati, mereka ingin mengubah pola pikir masyarakat terkait pengelolaan barang bekas.

    Botol atau plastik jika dibakar, menurutnya, tidak betul karena menimbulkan dampak polusi udara. Saat dibakar, plastik akan menimbulkan bahan kimia berisiko.

    "Kami ingin mengubah mindset masyarakat, daripada dibuang atau dibakar mending dibuat ecobrick (balok) atau bata bangunan. Bisa dijadikan untuk tanaman atau rumah," katanya pada rumah123.com, di Serpong, Jumat (30/9).

    Baca juga: Akademi Bambu Nusantara Hadirkan Rumah Oksigen

    Di Akademi Bambu Nusantara Serpong, Tangerang Selatan, ratusan botol bekas dikumpulkan dalam karung. Begitu juga plastik, bungkus indomie, bungkus susu bubuk sachet, dan sejenisnya. Barang buangan itu dibawa dari Tempat Pengelohan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

    Dibantu puluhan murid SPMN 7 Serpong, Jumat (30/9) siang, ratusan botol dan plastik itu pun diolah. Mereka hanya menyediakan penusuk untuk memasukkan potongan-potongan plastik ke dalam botol berbahan plastik. Kemudian, botol tersebut diisi potongan plastik hingga padat.

    Satu botol tersebut agar menjadi padat butuh waktu kurang dari satu jam. Kalau dikerjakan beramai-ramai tentunya bisa lebih cepat lagi.

    Satu balok dari botol yang akan dibentuk modular ini membutuhkan 20 botol. Usai itu, botol tersebut mereka oleskan lem khusus kaca karena lebih kuat. Kemudian dikeringkan, lalu dibilas. (Wit)

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci