BTN Siapkan Data Transaksi Perumahan Nasional

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk memperluas layanan terhadap sektor properti khususnya perumahan bersegmen menengah ke bawah, Bank BTN meluncurkan BTN Housing Index (BTNHI) secara berkala yang dapat dijadikan pegangan para stakeholder properti untuk mengambil keputusan. Selain BTN, Bank Indonesia (BI) juga secara rutin juga mengeluarkan indeks harga properti residensial (IPHR).

Ilustrasi

Ilustrasitn

Menurut R. Mahelan Prabantarikso, Kepala Divisi Strategic & Performance Management Division Bank BTN, BTNHI ini akan melengkapi IHPR yang dirilis oleh BI. “Sampel perhitungan IHPR BI itu harga listing pengembang dengan sampel survei di 14 kota besar, sementara BTN dari harga transaksi riil nasabah yang sudah akad di seluruh cabang BTN. Dengan share kita terhadap KPR yang mencapai 27 persen secara nasional, survei BTN tentu sangat mewakili,” ujar Mahelan saat peresmian Gedung BTN Housing Finance Center (BTNHFC) di Menteng, Jakarta, Senin (20/4).

Indeks properti yang dikeluarkan BTN mencakup perumahan non subsidi dengan rata-rata tipe di bawah 70 m2. Selain itu, dengan diresmikannya BTNHFC  bank spesialis perumahan ini ingin mengajak para stakeholder untuk berkolaborasi lebih jauh. Yaitu konsultasi tambahan informasi mengenai properti khususnya yang berkaitan dengan Bank BTN mencakup pembiayaan, perizinan, dan manajemen properti.

“BTNHFC ini memang ditujukan untuk pihak luar, kami membuka untuk pihak lain khususnya dari kalangan pengembang yang ingin menambah informasi maupun wawasannya terkait industri properti di tempat ini. Besok dan lusa (21-22 April) di sini akan diselenggarakan pelatihan untuk 100 developer baru,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me