Begini Menyiasati Hunian Berukuran Terbatas

Housing-Estate.com, Jakarta - Tanah yang kian mahal membuat tipe rumah dan apartemen yang ditawarkan pengembang menjadi kian sempit dan terbatas. Tapi ini menjadi solusi bagi konsumen karena harganya menjadi ...

  • propertidata
  • 2016.10.02
  • 246

    view

  • Begini Menyiasati Hunian Berukuran Terbatas

    Housing-Estate.com, Jakarta - Tanah yang kian mahal membuat tipe rumah dan apartemen yang ditawarkan pengembang menjadi kian sempit dan terbatas. Tapi ini menjadi solusi bagi konsumen karena harganya menjadi lebih terjangkau selain maintenance-nya menjadi lebih mudah.

    Ilustrasi

    Tapi penataan hunian terbatas menjadi tantangannya tersendiri agar tetap nyaman bagi seluruh penghuni. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa disiasati maupun diatur. Menurut Interior Designer dan Pendiri A2J Design Ary Juwono, untuk membuat hunian yang terbatas tetap nyaman bisa disiasati melalui pemilihan warna dan penataan layout.

    “Gunakan warna yang terang tapi bukan kuning, merah, atau warna yang ngejreng. Gunakan warna terang putih atau krem yang akan membuat tampilan ruang lebih lapang. Bisa juga untuk partisi menggunakan kaca clear, yang penting juga tidak boleh menggunakan unsur dekoratif yang berlebihan pada ruangan terbatas,” ujarnya kepada housing-estate saat peluncuran show unit Apartemen Prajawangsa City di Cijantung, Jakarta Timur, pekan ini.

    Tip lainnya, penggunaan cermin bisa membuat kesan ruang menjadi lebih luas. Yang juga penting, upayakan untuk membuat aneka perabot sesimpel mungkin bahkan kalau memungkinkan yang memiliki fungsi ganda. Penggunaan meja makan misalnya, bisa disiasati menyambung dengan meja dapur sehingga lebih efisien dan terlihat kompak.

    Rumah kecil juga harus dirancang memiliki hidden storage untuk tempat simpan. Lokasi yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan kolong sofa, kolong tempat tidur, maupun area tersembunyi lainnya yang difungsikan sebagai tempat simpan. Untuk aneka barang yang tidak dipakai setiap hari, hidden storage ini menjadi tempat yang tepat untuk penyimpanan.

    “Yang juga penting adalah mengatur dan membiasakan budaya simpel, praktis, dan tidak serba semua disimpan. Simpan hanya barang yang memang diperlukan dan singkirkan sisanya. Ajari anak untuk memberikan mainan lama kalau ada mainan yang baru, begitu juga untuk pakaian dan lainnya, kalau semuanya disimpan rumah kita nggak bakalan bisa rapi karena mau ditaro di mana?” tandas Ary.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci