Kamar Mandi Jadi Ruang yang Akrab dengan Si Kecil Melalui 4 Langkah Ini

Big Banner

Anak Anda sudah mulai besar? Berarti Anda harus mulainya memberikan pemahaman agar si kecil mulai ke kamar kecil sendiri. Semakin besar seorang anak, maka akan semakin banyak aktifitas yang dilakukan di luar rumah, termasuk kegiatan buang air. Mulailah untuk mengenalkan dan membiasakan si kecil agar dapat mandiri untuk buang air kecil ataupun besar sendiri.

Tempat terbaik untuk mengajarkan anak ke kamar mandi adalah dimulai dari rumah. Berikut ini beberapa tips mudah untuk Anda guna mengajarkan si kecil untuk dapat mandiri ke kamar mandi.

  1. Hal pertama yang harus diterapkan kepada si kecil adalah dengan membiasakannya sebelum dan setelah bangun tidur untuk membuang air kecil di kamar mandi. Hal ini akan membuat anak terbiasa dengan instruksi berulang-ulang hingga akhirnya si kecil terbiasa.
  2. Saat membiasakan anak untuk mandiri ke kamar mandi, biasakan buka pakaian dan celana (hanya gunakan pakaian dalam), agar terbentuk di pikiran sikeci bahwa ketika buang air di kamar mandi harus hati-hati supaya baju dan celana tidak kotor.
  3. Latihlah anak untuk membiasakan dan memahami tentang kebersihan dirinya. Anda dapat ‘memancing’ semangat anak untuk berusaha menjadi mandiri dengan memberikan hadiah-hadiah kecil sebagai bentuk dorongan.
  4. Jangan lupa berikan pujian apabila Anda berhasil untuk mandiri ke kamar mandi. Hal ini akann membuat anak semakin percaya diri, dan semakin mengerti bahwa hal yang dilakukannya adalah sesuatu yang “benar” dan membuat Anda menjadi senang.

Demikianlah tips sederhana untuk membuat si kecil untuk menjadi mandiri ke kamar mandi. Namun, jangan biarkan anak melakukan aktifitas di kamar mandi tanpa pengawasan orang dewasa sebelum ia benar-benar mandiri, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me