Perumnas Siapkan Dana Rp2 Triliun untuk Bangun 33.500 Rumah

Big Banner

Guna mendukung program satu juta rumah, tahun ini Perum Perumnas menargetkan akan membangun 33.500 rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

“Kami terus menggarap proyek untuk rumah rakyat tanpa menunggu pencairan dana PMN. Di bagian lain, kami juga sedang menyiapkan instrumen keuangan untuk tambahan dana,” ujar Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto. 

Arief mengatakan untuk memuluskan target tersebut, pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp2 triliun. Dana tersebut didapatkan dari kas internal Perumnas senilai Rp400 miliar, sementara dari bantuan permerintah sebesarRp1 triliun. 

“Sebenarnya kami mengusulkan PMN dari pemerintah sebesar Rp2 triliun, namun yang disetujui hanya Rp1 triliun sehingga kami akan mencari sumber pendanaan lain agar target yang dipercayakan kepada kami tetap bisa tercapai,” kata Arief, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.  

Sementara menurut Zulfi Syarif Koto, Ketua Housing Urban Development Institute, Perumnas memiliki peran utama dalam menyediakan perumahan rakyat. Ia menghimbau sebaiknya Perumnas membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) di wilayah perkotaan. 

“Untuk wilayah perkotaan sebaiknya Rusunawa dan Rusunami. Karena tidak mungkin membangun rumah tapak didaerah kota, seperti Jakarta ini,” kata Zulfi.

 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me