Konsep Rumah Smart Living, Tren Hunian Masa Depan

Big Banner

Bersiaplah untuk konsep desain rumah baru yang akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Konsep smart living, demikian tren tersebut dikenal, nantinya akan diaplikasikan ke dalam sebuah rumah terutama bagi rumah yang berada di kota-kota besar. 

Menurut istilah dalam dunia desain interior, smart living bisa diartikan sebagai suatu ide atau gagasan mengenai cara menciptakan kondisi interior yang lebih efisien, lebih aman, lebih sehat, namun tetap memenuhi unsur estetika. Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Francis Surjaseputra mengatakan, konsep smart living sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah yang berada di pusat kota dengan harga yang relatif mahal sehingga berimbas kepada mengecilnya lahan rumah.   

“Tren desain kedepannya adalah bagaimana kita bisa menerjemahkan sebuah ruang dengan sangat cerdik, walaupun ruang tersebut sangat kecil, namun tetap bisa nyaman dan dapat memberikan privasi bagi penghuninya,” ujar Francis kepada Rumahku.com

Francis mengatakan, selain dapat menawarkan efisiensi bagi penghuninya, smart living juga harus memenuhi unsur keamanan bagi penghuninya,. Rumah tersebut akan menggunakan sebuah sistem keamanan yang saling terkoneksi, sehingga si pemilik rumah akan merasa aman ketika ia hendak keluar rumah dalam keadaan kosong.     

Selain itu, Francis menambahkan sebuah rumah smart living juga harus menawarkan kepraktisan bagi si pemilik. Contohnya seperti harus dekat dengan pusat transportasi umum atau pun kemudahan yang dapat membuat pemiliknya mudah untuk berpergian.    

“Jadi sebuah hunian smart living itu tidak hanya dapat dilihat dari unsur estetika atau gaya disainnya semata, tetapi juga memperhatikan faktor-faktor bagaimana caranya membuat si penghuni rumah merasa betah di dalam rumah,” jelasnya.

   

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me