Rp 15,6 Triliun Disiapkan untuk Subsidi Perumahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan kenaikan anggaran guna memfasilitasi subsidi perumahan.Direktur ...

  • propertidata
  • 2016.10.03
  • 71

    view

  • Rp 15,6 Triliun Disiapkan untuk Subsidi Perumahan

    JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan kenaikan anggaran guna memfasilitasi subsidi perumahan.

    Direktur Jenderal Penyediaan perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus menyatakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) anggaran untuk subsidi perumahan adalah sebesar Rp 40,7 triliun.

    "Memang ini suatu pembiayaan yang ideal tapi untuk 2017 nanti yang dialokasikan untuk subsidi perumahan adalah sebesar kurang lebih Rp 15,6 triliun," tambahnya saat jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Senin (3/10/2016).

    Namun, anggaran tersebut masih merupakan PAGU indikatif, artinya masih bisa berubah sesuai dengan kebutuhan dan penyesuaian lainnya.

    Rencana anggaran sebesar Rp 9,7 triliun bakal digunakan untuk skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP) naik dari 2016 sebesar Rp 9,2 triliun.

    Sejumlah Rp 3,7 triliun atau naik dari tahun 2016 yang hanya Rp 2,2 triliun untuk skema Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan Rp 2,2 triliun untuk skema Bantuan Uang Muka (BUM) atau naik Rp 1 triliun dari anggaran 2016 sebesar Rp 1,2 triliun.

    Adapun target rumah yang dibiayai pada 2017 nanti adalah sebanyak 375.000 unit rumah dengan skema FLPP, 225.000 unit rumah dengan skema SSB, dan 550.000 unit rumah dengan skema BUM.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci