Uang Muka KPR Dicicil, Sah-Sah Saja :: Okezone Economy

Big Banner

JAKARTA – Membayar down payment (DP/uang muka) adalah salah satu syarat wajib pada saat melakukan pembelian rumah. Namun terkadang, tingginya besaran DP rumah yang dipatok membuat konsumen urung melakukan pembelian rumah. Sebenarnya, bolehkah mencicil DP rumah?

“Mencicil DP rumah itu sah-sah saja. Ini bisa dikompromikan dengan pengembang. Karena biasanya pengembang tidak ingin memberatkan konsumennya,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Eddy Ganefo kepada Okezone belum lama ini.

Eddy menyebut, biasanya DP rumah itu dapat dicicil mulai dari booking fee hingga rumah tersebut siap huni. Sementara untuk berapa besaran cicilan dan berapa lama waktu cicilan biasanya tergantung kesepakatan si konsumen dengan pengembang.

“Lama waktu mencicil DP itu biasanya dari rumah dibangun sampai jadi bisa sekitar sekitar 3-5 bulan,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Eddy, jika terjadi pembatalan pembelian rumah, maka akan dikenakan klaim berupa pengembalian DP tidak full.

“Kalau harga Rp400 juta DP 20 persen atau Rp80 juta bisa dicicil selama empat bulan sampai bangunan selesai dan siap akad KPR. Jika terjadi pembatalan oleh pembeli maka DP dikembalikan misalnya hanya 50 persen dari yang sudah dibayarkan,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me