Jepang Kembangkan Kereta Tercepat di Dunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Central Japan Railway Co. belum lama ini mengumumkan keberhasilannya melakukan percobaan kereta supercepat dengan laju 603 km per jam.  Meski baru percobaan, tes ini merupakan rekor kecepatan kereta paling cepat di dunia.  Tes tersebut dilakukan JR Central, demikian perusahaan kereta Jepang itu lebih dikenal, dalam rangka peningkatan kapasitas jalur Tokyo – Nagoya yang akan dibuka secara komersial tahun 2027.

Ilustrasi : Kereta supercepat Jepang

Ilustrasi : Kereta supercepat Jepang

Peningkatan tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi maglev dan JC Central sudah menambah jalur khusus kereta cepat sepanjang 24 km.  Penambahan ini diperlukan karena kelak kereta supercepat yang melewatinya berkecepatan rata-rata 500 km per jam. Untuk peningkatan ini, JR Central siap menggelontorkan dana sebesar 5,52 triliun yen atau lebih dari Rp598 triliun.

Jalur antardua kota berjarak 286 km itu sudah ada sejak tahun 1964 menggunakan kereta Shinkansen. Dengan menggunakan kereta berkecepatan 320 km per jam ini, kedua kota tersebut bisa ditempuh dalam waktu 95 menit. Apabila teknologi maglev itu nanti berhasil perjalanan akan diringkas hanya 40 menit.

Saat ini di dunia baru ada dua jalur kereta maglev yang beroperasi. Pertama, di Shanghai dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan Siemens AD dan ThyssenKrupp AG. Rutenya Pudong International Airport di Shanghai hingga kawasan bisnis di pinggir kota sejauh 431 km. Lainnya ada di Nagoya, Jepang, tapi kecepatannya lebih rendah. Kecepatan tertinggi hanya 100 km/jam. Kereta yang tenar dengan sebutan Linimo ini hanya beroperasi dalam jarak 8,9 km.

Karena masih ada kereta berkecepatan “rendah”, Jepang berambisi untuk bisa “mempercepat” kereta maglev-nya. Rencananya kereta supercepatnya ini akan dijual ke Amerika Serikat (AS) dan sudah digadang-gadang di hadapan dua petinggi AS sejak lima tahun yang lalu. Tidak tanggung-tanggung, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan pemerintah Jepang siap mendukung pendanaan JR Central agar bisa membangun jalur kereta Washington – Baltimore.

(Sumber: Bloomberg)

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me