5 Cara yang Terbukti Ampuh Membasmi Rayap di Rumah

Rayap adalah salah satu hewan kecil dan mengganggu yang ada di rumah. Anda setuju? Hewan kecil ini memang menyebalkan karena bisa menggerogoti semua perabotan kayu sampai keropos dan hancur. Bukan hanya ...

  • propertidata
  • 2016.10.04
  • 303

    view

  • 5 Cara yang Terbukti Ampuh Membasmi Rayap di Rumah

    Rayap adalah salah satu hewan kecil dan mengganggu yang ada di rumah. Anda setuju? Hewan kecil ini memang menyebalkan karena bisa menggerogoti semua perabotan kayu sampai keropos dan hancur. Bukan hanya kayu, rayap juga bisa menggerogoti kertas dan koleksi buku kesayangan Anda.

    Tentu kerusakan yang disebabkan oleh rayap akan sangat menyebalkan, bukan? Kalau tidak mau semua barang di rumah jadi rusak, Anda harus membasminya. Caranya? Tidak sulit, kok. Anda hanya perlu melakukan semua hal berikut ini:

    Pasang Jebakan Kardus

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui letak sarang rayap di rumah. Selanjutnya, Anda harus membuat jebakan kardus. Maksudnya begini, basahi kardus dan letakkan di area yang dicurigai sebagai sarang rayap.

    Tunggu beberapa saat dan rayap-rayap akan pindah ke kardus yang memang mengandung bahan makanan kesukaan mereka, yaitu selulosa. Apabila rayap sudah mulai banyak, segera bawa kardus tersebut ke area terbuka dan kemudian dibakar.

    Jemur Perabotan yang Digerogoti

    Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjemur perabotan kayu yang digerogoti oleh rayap. Kondisi kering dan panas merupakan musuh dari para rayap. Sengatan sinar matahari akan membuat rayap jadi tidak betah dan kemudian akan kabur atau bahkan mati.

    Menjemurnya jangan terlalu sebentar, sebaiknya jemurlah sekitar satu jam. Ingin lebih efektif? Jemur perabotan Anda saat sinar matahari sedang benar-benar panas selama satu hingga tiga hari.

    Simpan Perabotan di Suhu Rendah

    Bukan hanya tidak tahan sengatan matahari, ternyata rayap juga tidak kuat akan suhu yang sangat dingin. Oleh sebab itu, sebaiknya simpan perabotan yang terkena rayap di ruangan ber-AC. Nah, untuk perabotan yang ukurannya sangat kecil, Anda bisa memasukannya ke dalam freezer, namun bungkus terlebih dahulu menggunakan plastik.

    Gunakan Cacing Nematoda

    Terdengar menjijikan? Meskipun demikian, cacing parasit yang satu ini mampu mengusir rayap dengan cara melahapnya. Tidak hanya rayap dewasa, cacing ini juga bisa membasmi telur serta larva yang belum menetas. Cacing nematoda dapat ditemukan di toko pakan ternak. Selanjutnya, cukup letakkan nematoda di tanah bersuhu 15 Celsius.

    Bahan Kimia dan Alami

    Ingin cara yang lebih praktis? Gunakanlah insektisida pembasmi rayap yang mengandung Boric Acid atau Asam Borat. Zat Asam Borat mampu mematikan sistem saraf rayap dan membuatnya kehilangan cairan, sehingga hewan kecil ini akan mati perlahan.

    Selain menggunakan bahan kimia, Anda juga dapat menggunakan bahan alami, seperti garam, air cucian beras, air kapur sirih, dan air rendaman tembakau. Cukup siramkan atau taburkan bahan-bahan tersebut ke sarangnya, maka rayap pun akan kabur.

    Cukup mudah ‘kan? Ada baiknya lakukan perawatan berkala pada perabotan kayu di rumah dan pastikan ruangan tidak lembap. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

    properti.bisnis.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci