Warna Biru Memiliki 5 Keajaiban yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Big Banner

Pemilihan warna untuk rumah tentunya ada banyak pilihan sesuai keinginan pemiliknya. Biasanya kebanyakan orang memilih warna yang menjadi warna kesukaannya. Hanya saja, ada warna-warna tertentu yang menciptakan suasana berbeda pada rumah. Salah satunya adalah warna biru yang dikenal membawa kesejukan dan ketenangan.

Tahukah Anda bahwa warna rumah tak hanya sekedar untuk keindahan semata? Menurut sebuah penelitian, warna biru memiliki banyak keunggulan yang dapat dinikmati langsung oleh Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa kegunaan penerapan warna biru pada rumah seperti yang dilansir dari houzz.com.

Penyembuhan

Penduduk Mesir dan China kuno melakukan kromoterapi atau metode perawatan penyakit dengan menggunakan warna. Proses ini kerap dikenal sebagai terapi cahaya atau korologi. Salah seorang intepreter kromoterapi modern, Edwin Babbitt, dalam bukunya yang ditulis pada 1878 The Principles of Color Therapy mengatakan, bahwa sinar biru adalah salah satu antiseptik terbaik di dunia. Babbit percaya, warna biru dapat mengurangi penyakit dan merawat rasa sakit.

Status sosial

Menurut kepercayaan masyarakat Mesir kuno, warna biru merupakan penanda status sebagai para dewa. Mereka kerap menggunakan batu lapis lazulli untuk mewarnai pakaian keluarga kerajaan dan pendeta. Karena itulah, tidak mengherankan jika penggunaan warna ini dapat memberikan kesan mewah dan berkelas.

Menjauhi nasib buruk

Beberapa wilayah di Eropa mempercayai bahwa dengan memberikan warna biru pada pintu, pintu, tangga, pagar, dan eksterior rumah dengan warna biru mampu menjaga penghuni dari hal-hal buruk. Robert M. Gerard, seorang psikolog asal California mengadakan penelitian yang mencari efek cahaya pada tekanan darah. Dalam penelitian itu, ia menempatkan para pekerja di rumah sakit di ruangan bercahaya biru dan sebagian berwarna merah. Hasilnya, mereka yang terpapar cahaya merah memiliki tekanan darah lebih tinggi.

Membantu proses diet

Warna biru dipercayai dapat menahan napsu makan Anda. Hal ini dikarenakan badan kita menerjemahkan warna biru seperti makanan busuk sehingga secara otomatis badan “mengelabui” kita untuk tidak makan lebih banyak. Apabila Anda ingin menjaga pola makan, Anda dapat memilih warna biru di ruang makan.

Menambah kreatifitas

Anda juga dapat mewarnai ruang belajar/kerja dengan warna biru. Sebuah penelitian dari Universitas British Columbia pada 2009 mengatakan bahwa warna biru menambah kemampuan untuk berpikir lebih kreatif daripada orang yang belajar/bekerja pada ruangan dengan warna lainnya.

Demikianlah manfaat warna biru yang dapat Anda rasakan langsung. Beberapa poin diatas memang berdasarkan mitos dan kepercayaan sebagian orang. Setiap warna tentunya memiliki arti tersendiri bagi setiap orang. Namun, tidak ada salahnya bukan mengikuti sesuatu yang memberikan dampak positif untuk diri sendiri?

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me