Selain Nikmat, Kopi Memiliki Kesaktian Lain

Big Banner

Mungkin sebagian dari Anda merupakan penikmat setia kopi. Baik kopi hitam yang original, dicampur dengan susu, hingga kopi yang berwarna putih putih. Kopi juga dapat dinikmati dalam bentuk kue atau beberapa makanan lainnya guna memuaskan para penggilanya. Penikmat kopipun sudah tidak dibatasi oleh ukuran usia, tak hanya orangtua, anak muda baik laki-laki maupun perempuan.

Namun, selain untuk memanjakan lidah, tahukah Anda bahwa kopi juga memiliki manfaat? Kopi, tepatnya ampas kopi ternyata masih dapat dimanfaatkan mulai dari membersihkan peralatan rumah tangga hingga dijadikan pupuk untuk tanaman kesayangan Anda. Berikut ini beberapa kegunaan ampas kopi yang dapat digunakan seperti yang dilansir dari thekitchn.com

Menghilangkan bekas goresan di furnitur

Permukaan furnitur yang kerap terlihat gores-goresan dapat dibuat untuk tampak seperti baru. Anda hanya perlu mencampurkan air hangat, cuka, serta ampas kopi. Bubuhkan campuran tersebut pada permukaan yang perlu diperbaiki, lalu gosok secara perlahan.

Mencuci peralatan makan

Ampas kopi yang kasar dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran pada peralatan makan yang memiliki noda membandel. Bubuhkan ampas kopi pada spons yang digunakan untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan.

Perawatan wajah

Tak hanya untuk peralatan rumah tangga, ampas kopi juga digunakan untuk merawat wajah. Anda dapat mencampurkan ampas kopi dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan dan usap perlahan pada permukaan wajah. Ampas kopi bekerja untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Menghilangkan bau pada lemari es

Kulkas yang mengeluarkan bau tak sedap perlu segera diatasi, karena mengurangi kualitas makanan yang disimpan. Letakan ampas kopi pada wadah di kulkas untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas.

Pupuk

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ampas kopi memiliki banyak nitrogen sehingga cocok digunakan sebagai pupuk kompos. Namun, ampas kopi yang digunakan bukan yang masih baru, melainkan yang sudah lama dan terurai. Anda dapat membuat pupuk kompos dengan mencampurkan daun-daunan, rumput segar dan ampas kopi.

Demikianlah kegunaan lain dari kopi yang dapat Anda manfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Tak hanya dimanjakan melalui rasa, kopi juga membantu Anda untuk melakukan banyak hal. Gunakan ampas kopi sesuai dengan kebutuhan dan caranya masing-masing agar dapat bermanfaat dengan baik.

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me