9 Pertanyaan untuk Anda yang Akan Melakukan Renovasi

Melakukan renovasi rumah sebenarnya merupakan prospek jangka panjang yang menarik, tapi bagi sebagian orang hal tersebut hanya dilakukan dan khusus bagi mereka yang mempunyai uang menumpuk. Padahal renovasi ...

  • propertidata
  • 2016.10.04
  • 311

    view

  • 9 Pertanyaan untuk Anda yang Akan Melakukan Renovasi

    Melakukan renovasi rumah sebenarnya merupakan prospek jangka panjang yang menarik, tapi bagi sebagian orang hal tersebut hanya dilakukan dan khusus bagi mereka yang mempunyai uang menumpuk. Padahal renovasi rumah bukan berarti melakukan perubahan yang besar dan harus mengeluarkan banyak biaya dalam satu waktu. Karena dengan sedikit perencanaan, saran yang tepat dan disiplin terhadap suatu keputusan, sebenarnya renovasi juga dapat dilakukan secara bertahap dan tidak harus mengeluarkan biaya besar. Jadi, melakukan renovasi dengan biaya murah bukanlah hal yang mustahil.

    Mengontrol sendiri keseluruhan proses renovasi dan juga memastikan perubahan yang tepat sesuai kebutuhan, merupakan kunci dari renovasi yang murah namun berdampak besar. Penyesuaian gaya renovasi terhadap gaya hidup Anda selama bertahun-tahun yang akan datang juga memiliki peran penting kesuksesan renovasi Anda.
    Untuk membantu Anda melakukan renovasi dengan biaya murah, berikut adalah 9 pertanyaan untuk Anda yang akan atau berencana melakukan renovasi rumah:

    1. Apa langkah pertama yang harus dilakukan?
    Tidak peduli seberapa besar atau kecil tingkat perubahan dalam renovasi yang Anda rencanakan, pertanyaan ini adalah yang pertama yang harus Anda jawab. Ingat, bahwa renovasi juga kesempatan untuk menambah nilai rumah Anda. Oleh karena itu, sangat penting jika Anda mendapatkan bantuan profesional pada tahap desain. Hal ini dibutuhkan sekedar untuk memastikan, bahwa Anda akan mendapatkan hasil terbaik.
    Karena banyak kasus dimana desain renovasi yang dilakukan tanpa adanya campur tangan dari bantuan profesional berakhir dengan buruk. Dan seperti biasa, keterbatasan dana menjadi alasan banyak orang untuk sengaja tidak melibatkan campur tangan desainer handal. Padahal saat ini banyak desainer yang menawarkan jasa konsultasi gratis di internet, majalah, hingga forum. Ada juga perusahaan jasa renovasi yang menawarkan gratis konsultasi setiap melakukan renovasi.
    Jadi, konsultasikan renovasi yang akan Anda lakukan dengan yang profesional di bidang tersebut atau minimal konsultasikan ke anggota keluarga dan teman Anda.

    2. Untuk siapakah renovasi dilakukan?
    Ini merupakan pertanyaan penting dan sering diabaikan. Terlalu banyak orang melakukan renovasi tanpa cukup kejelasan tentang apa yang sebenarnya ingin dicapai.
    Anda harus berpikir hati-hati tentang untuk siapa Anda sedang membangun dan apa tujuan dari proyek renovasi ini. Misalnya, anak-anak Anda masih muda dan mungkin akan tinggal di rumah untuk waktu yang lama, atau mungkin mereka sudah dewasa dan akan segera meninggalkan rumah? dan Anda juga sudah mendekati pensiun? Dalam hal ini Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan ruang tambahan atau tidak sama sekali.

    3. Apakah Anda memiliki cukup ruang untuk melakukan renovasi?
    Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus berpikir tentang apa yang benar-benar Anda butuhkan. Satu kamar tidur tambahan mungkin tidak mengambil banyak ruang, tetapi ruang keluarga baru dan perbaikan dapur yang lebih besar mungkin akan berdampak pada luas ruangan yang tersisa untuk halaman belakang, misalnya.
    Dari sini, Anda dapat mulai untuk melakukan visualisasi berapa banyak ruang yang masuk dalam rencana renovasi dengan menggunakan tali atau penanda lainnya. Hal ini berguna untuk memetakan seberapa besar ruang baru properti anda. Setelah itu, lihat kembali dan bayangkan bangunan sudah selesai apakah Anda cukup senang dengan ruang terbuka yang tersisa? Ini hanya salah satu contoh kecil yang bisa dilakukan.

    4. Perlukah membangun 2 lantai?
    Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk memperpanjang di permukaan tanah, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menambahkan lantai kedua. Menambahkan tingkat untuk mempertahankan halaman belakang dan ruang terbuka bukanlah hal buruk. Namun, kembali lagi ke pertimbangan paling utama yaitu biaya. Karena ada banyak pekerjaan dalam menghilangkan struktur atap, menggantikannya dengan struktur lantai baru dan mendukung dinding lantai atas baru. Dan sudah pasti membutuhkan biaya besar.
    Pertimbangan penting lainnya adalah desain tampak depan rumah. Investasi dengan membangun lantai kedua sebenarnya juga memiliki potensi untuk meningkatkan tampilan rumah Anda dan memberikan daya tarik lebih dari rumah lainnya. Jadi, Anda juga harus melibatkan arsitek yang baik atau desainer untuk membantu Anda.

    5. Apakah kita harus mencocokan gaya rumah yang ada?
    Salah satu hal yang menarik tentang merenovasi rumah adalah kesempatan untuk bersenang-senang dengan desain dan imajinasi. Namun, sebenarnya mempertahankan gaya rumah Anda saat ini juga bukanlah hal yang buruk.
    Dengan memilih untuk mengadopsi gaya bangunan kontras dengan yang ada pada rumah saat ini, maka berbagai kemungkinan untuk mengeluarkan biaya lebih akan terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita lebih membuat rumah tampak bergaya hidup terbuka. Sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk. Selain itu, perubahan dari sisi personalisasi juga dinilai sudah mencukupi contohnya perubahan warna cat, penambahan perabotan bertekstur, wallpaper, kaca proporsi, langit-langit tinggi dan masih banyak lagi.
    Sebagai pertimbangan lain, memilih mempertahankan gaya rumah saat ini juga dapat membuat perubahan yang cukup signifikan. Karena merubah dari kesan “tua” ke yang lebih “muda” sebenarnya perubahan yang murah namun ideal bagi keuangan Anda.

    6. Bisakah kita mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan kehangatan alami?
    Rumah-rumah tua umumnya tidak dikenal karena kualitas desain pasif terhadap sinar matahari, sehingga salah satu pertimbangan utama ketika renovasi adalah untuk mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan kehangatan ke dalam rumah.
    Memahami arah matahari dan rumah Anda jadi kunci penting untuk bisa menjawab pertanyaan ini. Jika Anda telah tinggal di rumah untuk sementara waktu, maka hal ini akan lebih mudah untuk Anda. Menangkap matahari pagi harus menjadi salah satu prioritas utama Anda ketika renovasi, terutama jika Anda menambahkan ruang tamu atau ruang keluarga tempat Anda menghabiskan banyak waktu.
    Namun, ketika menambahkan jendela yang lebih besar Anda juga harus sangat menyadari bagaimana efek sinar matahari yang masuk. Karena memiliki sinar matahari berseri-seri ke dalam ruangan memang baik, tapi sebaliknya bila memakai jendela yang biasa saja dapat menyebabkan karena dapat membuat ruang tidak layak huni karena panas. Di sinilah pemahaman yang menyeluruh tentang spesifikasi kaca yang tepat dan baik, hingga penggunaan elemen shading sangat penting.

    7. Apakah Anda perlu pindah selama renovasi?
    Tinggal di dalam rumah sepanjang renovasi sebenarnya pilihan yang baik dari sisi financial. Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah. Setiap proyek renovasi yang juga melibatkan sejumlah besar bagian yang ada dari rumah tentu akan menyulitkan Anda dan menganggu kenyamanan Anda.
    Di sisi lain, Anda juga harus menyadari bahwa sebuah proyek bangunan yang membutuhkan waktu lebih lama juga membutuhkan biaya yang lebih besar untuk biaya tukang. Jadi, apakah Anda akan tinggal atau pergi selama renovasi?

    8. Bagaimana cara menemukan tukang?
    Rekomendasi penting ketika mencari tukang untuk mengerjakan proyek renovasi Anda. Dimana Anda harus memilih pembangun yang berpengalaman dalam melakukan pekerjaan yang sama dan dalam anggaran serupa dengan Anda.

    9. Berapa lama waktu yang dibutuhkan?
    Terakhir pertanyaan yang harus Anda jawab ketika merenovasi rumah adalah jangka waktu renovasi. Ketika melakukan renovasi ada baiknya Anda tidak terburu-buru sehingga hasilnya biasanya akan lebih maksimal dan sesuai rencana. Namun, bukan berarti juga ketika renovasi dapat dilakukan dengan cepat adalah hal yang buruk. Pastikan Anda telah memilih tukang beserta mandor yang tepat dimana mereka adalah orang-orang yang teliti serta bertanggung jawab.
    Jumlah tukang juga menjadi pertimbangan penting lainnya. Karena apabila jumlah tukang yang Anda butuhkan akan lebih banyak, maka lebih banyak juga biaya yang harus Anda keluarkan.
    Itu tadi 9 pertanyaan yang harus Anda jawab ketika melakukan renovasi. Bagi Anda yang sedang mencari rumah atau hunian untuk di renovasi, akses saja portal properti Lifull.ID. Portal properti ini dilengkapi dengan banyak fitur filter pencarian dan dapat menyesuaikan kebutuhan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi rumah dijual di seluruh kota di Indonesia dengan mudah.

    Selain itu, terdapat juga pencarian untuk properti perumahan baru, apartemen, kantor, hingga tempat kost. Semua informasinya bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Segera kunjungi Lifull.ID!

    /ANH

    BeritaSatu.com

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci