Pajak Properti Mewah Bisa Turunkan Penjualan Apartemen Hingga 40 Persen

Big Banner

Perusahaan konsultan properti, PT Cushman & Wakefield Indonesia menilai bahwa rencana pemerintah mengeluarkan aturan pajak baru terkait properti mewah akan berdampak buruk pada penjualan properti, khususnya untuk hunian seperti apartemen kondominium. 

“Pertumbuhan penjualan kondominium kelas menengah akan turun 40 persen dengan adanya rencana ini,” ujar Handa Sulaiman, Executive Director Cushman & Wakefield Indonesia, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Handa menambahkan bahwa apartemen seharga Rp2 miliar banyak diincar oleh kalangan menengah dan belum layak dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) karena tidak termasuk properti mewah.  

Jika kajian baru pajak properti mewah jadi diterapkan, maka Handa khawatir perkembangan industri properti tanah air akan terganggu karena memberatkan pembeli. Karena padahal, sebelum adanya rencana tersebut saja, pajak yang dikenakan kepada pemilik apartemen sebesar 16,5 persen, apalagi jika nanti peraturan pajak properti mewah itu berlaku, maka bisa bertambah menjadi 36,5 persen.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me