Pemerintah Godok Rencana Pembangunan Infrastruktur Penunjang Kota Maja

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan Kota Baru Publik Maja, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan keterpaduan program ...

  • propertidata
  • 2016.10.04
  • 411

    view

  • Pemerintah Godok Rencana Pembangunan Infrastruktur Penunjang Kota Maja

    JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan Kota Baru Publik Maja, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan keterpaduan program utama di dalamnya.

    Beberapa infrastruktur guna mendukung Maja sebagai kota baru publik 2035 saat ini tengah dipersiapkan perencanaannya oleh BPIW.

    Dalam rancangannya, infrastruktur tersebut di antaranya adalah jalan tol, jalan provinsi, bendungan, dan sistem penyediaan air minum (SPAM).

    "Untuk saat ini pembangunan jalan strategis Pamulang-AEON-Serpong-Setu-Parung Panjang-Maja sepanjang 87 kilometer masih dalam kajian studi detail engineering design," kata Kepala BPIW Rido Matari Ichwan saat jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Senin (3/10/2016).

    Selain itu, lanjut Rido, tiga tol lainnya guna menunjang konektivitas ke Maja masih dalam tahap persiapan lahan.

    Ketiga tol tersebut adalah Kunciran-Serpong, Cilegon-Bojonegara, dan Serpong-Balaraja seksi I serta Serpong-Legok seksi II.

    Keberadaan dua bendungan di sekitar Maja yakni Sindangheula dan Karian yang saat ini tengah dalam tahap lanjutan pembangunan juga diharapkan BPIW bisa segera selesai memberikan pasokan air ke warga di Maja.

    BPIW memang bertanggungjawab dalam pembangunan infrastruktur dengan memanfaatkan sekitar 50 persen lahan dari pengembang yang sudah berkomitmen untuk terlibat pembangunan Kota Publik Maja.

    Beberapa waktu lalu, BPIW dan empat pengembang yakni Perum Perumnas, PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Nusa Graha Perkasa, dan PT Hanson International Tbk menandatangani kesepakatan untuk percepatan pembangunan Kota Publik Maja.

    Kesepakatan itu juga melibatkan pihak pemerintahan daerah, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Pemprov Banten, Pemkab Bogor, Pemkab Lebak, Pemkab Tangerang, dan Pemkot Tangerang Selatan.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci