Aturan LTV Tak Pengaruhi Kinerja BTN :: Okezone Economy

Big Banner

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) tengah mengkaji aturan terkait rasio pembiayaan atau loan to value (LTV) kredit properti dan kredit kendaraan bermotor. Adapun tujuan dari aturan LTV ini dilakukan untuk menggairahkan roda perekonomian di Indonesia.

PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk yang bersinggungan langsung dengan kredit properti, khususnya perumahan, mengungkapkan bahwa pelonggaran aturan tersebut tidak mengganggu kinerja kredit Bank BTN.

Menurut Direktur Utama BTN (Persero) Maryono, tidak terganggunya kinerja BTN terkait kebijakan itu lantaran kebijakan tersebut mengatur masyarakat yang mengajukan rumah kedua dan ketiga.

“Untuk pembelian rumah yang pertama saya kira masih cukup baik, aturan LTV ini tidak terganggu secara signifikan pada BTN,” kata Maryono di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Maryono mengungkapkan, BTN menanggapi naik rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melonggarkan aturan LTV. Sebab, hal tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan kredit, khususnya kredit pembelian rumah dan apartemen.

“Saya kira ini suatu hal yang posisif karena merupakan pelonggaran bagi masyarakat,” tambahnya.

OJK berencana melonggarkan aturan uang muka pembelian rumah dengan cara kredit atau loan to value (LTV). Namun, OJK bakal terlebih dahulu membicarakan ini bersama Bank Indonesia (BI) atas poin-poin perubahan aturan LTV tersebut.

(mfa)

property.okezone.com