Koridor Barat Dilirik Perusahaan Industri

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kawasan barat Jakarta di koridor Tangerang – Merak mulai banyak dilirik para investor di bidang industri. Sudah cukup banyak perusahaan industri yang membangun pabrik di Tangerang, Cikande hingga Serang. Tapi pertumbuhan industry di koridor barat masih kalah dibanding koridor timur dari Bekasi – Karawang. Menurut Wira Agus, Senior Associate Director Cushman & Wakefield, belakangan ini ada tren pergeseran perusahaan industri dari koridor timur ke koridor barat.

Kawasan Industri Modern Cikande

Kawasan Industri Modern Cikande

“Bekasi secara umum masih menarik untuk industri, tapi suplainya kian terbatas dan harganya juga semakin mahal. Koridor barat ini lebih kompetitif, Cikande misalnya, tiga tahun lalu penawarannya Rp400 ribu/m2, sementara di Cikarang Rp900 ribu/m2. Sekarang Cikarang hampir Rp2 juta/m2, sementara di Cikande Rp1 jutaan/m2. Jadi, masih lebih kompetitif namun harganya sudah mulai mengejar,” ujarnya saat paparan pasar properti triwulan pertama 2015 di Jakarta, Selasa (21/4).

Penyerapan kawasan industri pada awal tahun 2015 juga cukup tinggi, mencapai 80 ha. Sepanjang tahun 2015 diproyeksikan penyerapan lahan industri mencapai 300 ha. Pertumbuhan harganya relatif stabil dibandingkan sektor perkantoran yang mulai terjadi perang diskon.

“Penyerapan lahan industri masih cukup baik mencapai 74,9 persen walaupun ini pertumbuhan terendah sepanjang lima tahun terakhir. Harga rata-rata lahan industri mencapaiRp2,3 juta/m2, hanya tumbuh sebesar 0,9 persen dibandingkan kuartal lalu atau tumbuh 23,5 persen per tahun,” imbuhnya.

housing-estate.com