Mencari Rumah Mungil, di Perumahan Menengah Atas Ada Juga Lho…

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Roda bisnis properti dalam kondisi seret. Berbeda dengan dua tiga tahun lalu dimana pasar menggelinding cukup kencang, sekarang kondisinya sedang berbalik. Dulu penjualan rumah dua miliaran di sejumlah perumahan menengah atas di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) seperti kacang goreng. Penjualan cluster baru bisa habis dalam dua tiga bulan. Tidak jarang semuanya langsung tandas saat launching. Ini terjadi di Serpong, Tangerang, misalnya Paramount Serpong, Summarecon Serpong, BSD City, termasuk Jakarta Garden City (JGC/370 ha), Cakung, Jakarta Timur.

Cluster La Seine Jakarta Garden City

Tipe rumah mungil di Jakarta Garden City

Sekarang situasinya tidak seperti itu lagi. Rumah dua miliaran ke atas makin sulit diserap pasar. Karena itu sejumlah perumahan, seperti Paramount Serpong melansir tipe mungil yang terbukti sukses. Harganya mulai di bawah satu miliar hingga mendekati satu setengah miliar. BSD City dan JGC mengikuti dengan membidik segmen sedikit di atas Paramount. Cluster la Seine (JGC) harganya mulai Rp1,45 miliar (63/90).

Kendati pemasaran tahap I cukup sukses, penjualan cluster la Seine dinilai pengembangnya, Modernland Realty Tbk, masih kurang kencang. Karena itu Mei mendatang JGC akan melansir cluster baru Yarra. Tipe rumahnya lebih kecil sehingga harganya juga lebih rendah. “Kami jadwalkan dilansir akhir Mei ini atau paling lama Juni mendatang,” ujar  Andy K. Natanael, Presdir PT Mitra Sindo Sukses (MSS), anak usaha Modernland.

Semuanya rumah dua lantai tipe 54 m2, 65 m2, dan 80 m2 yang dibandrol mulai Rp1,3 miliar per unit.  Luas kavelingnya variatif, 90 m2, 105 m2, 120 m2, 150 m2. Konsumen bisa memilih tiga model rumah  untuk setiap ukuran kaveling. Tipe 54 dilengkapi  dua kamar tidur dan 2 carport. “Tipe ini cukup ideal untuk pasangan beranak dua, konsepnya compact homes,” imbuh Andy.

housing-estate.com