4 Hal Ini Bikin Gudangmu Rapi dan Fungsional

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockKalau rumahmu ingin rapi dan bersih, mau tak mau kamu harus punya gudang. Banyak manfaat gudang, utamanya sih untuk menyimpan barang-barang yang sedang tak kamu butuhkan ...

  • propertidata
  • 2016.10.05
  • 284

    view

  • 4 Hal Ini Bikin Gudangmu Rapi dan Fungsional

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Kalau rumahmu ingin rapi dan bersih, mau tak mau kamu harus punya gudang. Banyak manfaat gudang, utamanya sih untuk menyimpan barang-barang yang sedang tak kamu butuhkan.

    Nah, agar barang-barang tersebut tak tampak belatak di rumah, maka untuk sementara ditempatkan di gudang. Gudang yang berantakan bikin kamu butuh waktu lama untuk menemukan suatu barang.

    Jadi, inilah poin-poin yang kamu perlu perhatikan agar gudangmu rapi jali:

    1. Atur penempatan barang 

    Letakkan barang-barang berukuran besar di pojok ruangan. Kemudian, barang berukuran sedang dan kecil deretan paling depan, Jadi, apabila barang tersebut diperlukan akan mudah untuk mengambilnya. Selain itu, masih ada cukup celah untuk menempatkan barang-barang lain yang akan kamu taruh dalam gudang.

    Baca juga: Menyulap Area Kosong Jadi Gudang Mini

    2. Penyimpanan data dan dokumen

    Kalau yang mau kamu simpan adalah barang berupa data atau dokumen kertas, sebaiknya disimpan dalam lemari atau ditaruh di meja. Alternatif lain, kamu bisa gunakan kardus atau boks agar data atau dokumen kertas tersebut tidak rusak.

    3. Hadikan Sirkulasi  udara

    Bukalah jendela gudang maksimal 3 hari sekali. Jika tidak, maka semua barang yang kamu simpan dalam gudang akan cepat rusak dan berjamur. Apakah ruangan gudangmu besar atau kecil, kalau lama tidak ada sirkulasi udara, maka ruangan akan pengap dan lembap.

    4. Jaga Kebersihan

    Walau gudang berisi barang tak terpakai, tapi sesekali kamu sebaiknya membersihkannya. Bisa jadi ada kotoran tikus atau malah tikusnya hadir dan bersarang di gudangmu.

    Paling tidak, seminggu sekali kamu menengok gudang dan memberihkan bagiannya yang kotor. Kalau ada tanda-tanda kehadiran tikus, jangan ragu meletakkan jebakan untuk hewan pengerat ini. Kamu gak mau gudangmu jadi tempat tikus beranak-pinak, bukan? (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci