Inilah Dua Faktor Penghambat Masyarakat Miliki Rumah

Big Banner

WE Online, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan program sejuta rumah untuk masyarakat. Pembangunan program sejuta rumah yang sedianya dilaksanakan tanggal 30 April 2015 dimajukan menjadi tanggal 29 April 2015 di Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah.

Plt Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan program sejuta rumah ini bukan hanya membangun secara fisik, tetapi juga mempersiapkan segala kebijakannya. Salah satu kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah adalah soal uang muka dan cicilannya.

“Ada dua potensi penghalang pembelian rumah. Pertama, pada tahapan uang muka dan kedua tahapan pada saat pencicilan. Umumnya yang menjadi tingkat kesulitan pada tahap uang muka sehingga banyak masyarakat kita pada umumnya tidak mendapatkan kemampuan untuk membayar uang muka.Tetapi, umumnya mereka mampu membayar uang cicilan. Dua tahapan inilah yang diintervensi pemerintah melalui kebijakan, yakni kebijakan uang muka dan cicilan,” kata Syarif dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Namun, lanjutnya, agar kedua kebijakan ini dapat berjalan perlu didukung oleh faktor-faktor regulasi lainnya. “Pada saat groundbreaking pada tanggaL 29 April sebanyak 103.135 unit rumah yang merupakan bagian dari 331.693 unit rumah pada tahap pertama,” tambahnya.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Boyke Siregar

wartaekonomi.co.id

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me